IBL

Kekalahan Toronto Raptors dari 100-108 dari Los Angeles Clippers pada Rabu (8/3) waktu setempat membuat Fred VanVleet sangat kecewa. Usai pertandingan di Crypto.com Arena, LA, VanVleet mengungkapkan kekecewaan terhadap wasit Ben Taylor. Hasilnya? Jelas VanVleet kena denda.

NBA menjatuhkan denda sebesar AS$30 ribu atau senilai Rp464 juta. Denda itu karena VanVleet melakukan kritik publik terhadap wasit. Pemain berusia 29 tahun itu mengungkapkan kekesalannya saat jumpa pers usai pertandingan.

Sebelum berbicara di depan awak media, VanVleet menarik nafas panjang dua kali. Ia tidak bisa meredam emosinya dalam pertandingan tersebut. VanVleet juga sadar apa yang ia katakan membuahkan denda puluhan ribu dolar. “Saya tidak keberatan, saya akan mengambil denda itu, saya tidak peduli,” ujarnya.

“Saya pikir Ben Taylor sangat mengerikan malam ini. Hampir setiap malam, ada dua dari tiga (wasit) yang mengacaukan pertandingan. Sudah seperti itu berkali-kali. Kekalahan dari Denver jelas sulit. Bermain malam ini, bertanding sangat keras, dan pada kuarter ketiga saya mendapatkan omong kosong yang mengubah seluruh dinamika pertandingan,” keluh VanVleet.

Kalimat tersebut yang membuat NBA menjatuhkan denda untuk VanVleet. Dalam pertandingan itu, VanVleet mendapat technical foul di sisa waktu 7:02 kuarter ketiga. Ini menjadi technical foul kedelapan untuknya musim ini. Menariknya, tiga dari delapan technical foul itu diberikan oleh Ben Taylor. Ditambah satu diberikan dari wasit lain ketika Taylor juga berada di gim tersebut.

Kemudian Paul George mengambil dua tembakan gratis yang membuat Clippers memimpin 65-57. Pada pertandingan itu, VanVleet mencetak 13 poin, 4 rebound, dan 9 asis. Clippers juga mendapatkan 24/31 tembakan gratis dari 23 foul yang dilakukan Raptors. Sedangkan Raptors hanya 13/14 kali mendapat tembakan gratis dari 18 pelanggaran Clippers.

Ini menjadi kekalahan kedua beruntun bagi Raptors. Pada kekalahan sebelumnya dari Denver Nuggets di Ball Arena (6/3), Scottie Barnes dikeluarkan dari gim di sisa 28 detik. Saat itu Raptors hanya tertinggal dua poin dari Nuggets. Akhirnya Raptors kalah 113-118. Kini berkutat di posisi kesembilan (32-35) klasemen sementara Wilayah Timur. (rag)

Foto: NBA

Komentar