IBL

Usai tuntas melaksanakan city selection di Surabaya dan Lamongan, Livin Mandiri Indonesia 3X3 Tournament seri Jawa Timur (Jatim) bersiap menggelar babak final provinsi di Lapangan Rampal, Malang pada Minggu (12/3). Sebanyak 24 tim yang lolos dari masing-masing city selection, akan berebut delapan tiket ke babak Grand Final di Jakarta.

Jatim menjadi rangkaian pembuka dari Livin Mandiri Indonesia 3X3 Tournament pada tahun ini. Setelah bergerak dari ujung timur Pulau Jawa, event ini akan berlangsung di Jawa Barat (Jabar), lalu ke Jawa Tengah (Jateng), dan DKI Jakarta. "Kemudian Grand Final dilaksanakan di Jakarta," sebut Trias Iskandar dari Supersport Sensation International selaku pihak penyelenggara.

Surabaya menjadi kota pertama yang melaksanakan kegiatan ini. Babak city selection di Kota Pahlawan digelar pada 25 Februari lalu. Sebanyak 50 tim berpartisipasi. Dari jumlah tersebut, 12 di antaranya masuk ke babak final provinsi. Usai Surabaya, event ini singgah di Lamongan. Jumlah pesertanya lebih banyak. Ada 62 tim.

"Antusiasme Lamongan benar-benar luar biasa. Saya berterima kasih kepada penyelenggara. Sebab event ini memberikan dampak positif. Pak Bupati Lamongan juga senang dengan antusiasme peserta," bilang Grace Evi Ekawati, Ketua Pengprov Perbasi Jatim.

Evi mengusulkan ke pihak penyelenggara untuk memperbanyak event serupa di Jatim. Sebab, seiring dengan bertambahnya jumlah turnamen, maka akan menarik minat pebasket untuk ambil bagian. "Ketika di Lamongan kami menemukan bibit-bibit baru yang tampaknya belum pernah terpantau sebelumnya," ungkap Evi.

Sementara itu, city selection Surabaya meloloskan 12 tim ke final provinsi Jatim. Mahameru, The Boys, dan Lakik mewakili Kota Pahlawan di kelompok U-18 putra. Kemudian Zodiak, Jatim Jr, dam Coral Girls untuk U-19 putri. Ubaya Pro A, Elite, dan Ubaya Elite di U-23 putra. Sedangkan Jatim Pro, Ubaya, Petraballers di U-23 putri.

City selection Lamongan juga meloloskan 12 tim. Ebbrau, Ciputra, dan Guprat dari kategori U-23 putra. Kemudian di kategori putri ada UC, Unigoro, dan Misuhnives. Kemudian dari U-18, ada Tuban, Back Street, The Lion Surabaya untuk putra. Lalu di kategori putri ada Mahameru, Gloria 1, dan Starion. (*)

Komentar