IBL

Quin Snyder akhirnya menerima tawaran sebagai pelatih. Setelah mundur dari Utah Jazz pada 5 Juni 2022 lalu, Snyder menjadi pelatih kepala Atlanta Hawks. Menurut laporan ESPN, Snyder mendapat kontrak selama lima tahun.

Dalam keterangan resmi Hawks pada Minggu (26/2) waktu setempat, Hawks antusias menyambut kembali Snyder. Mereka juga mengatakan Snyder memiliki karakteristik yang mereka cari sebagai pelatih baru.

“Dia memiliki IQ basket dan emosional yang luar biasa. Kami berbagi nilai dan filosofi basket untuk membuat komunikasi dan kolaborasi yang jujur dengan para pemain, perhatian yang detail dan pengembangan pemain,” kata Manajer Umum Atlanta Hawks Landry Fields.

Tidak perlu waktu lama bagi Hawks untuk mendapat sentuhan Snyder. Debutnya sebagai pelatih kepala yang bisa terjadi pada Selasa (28/2) saat melawan Washington Wizards di State Farm Arena.

Snyder sendiri pernah menjadi asisten pelatih Hawks di bawah kepala pelatih Mike Budenholzer pada 2013-2014 lalu. Setelah memecat Nate McMillan pada 20 Februari lalu, Hawks memang langsung mendekati Snyder. Apalagi posisi Snyder juga sedang kosong.

Sebelumnya Snyder menangani Jazz pada 2014-2022 dengan rekor 372-264. Jazz menjadi pengalaman pertama Snyder menangani tim NBA. Snyder cukup sukses. Mereka enam kali lolos babak playoff selama delapan musim di tangan Snyder. Capaian terbaiknya adalah tiga kali mencapai semifinal Wilayah Barat. Snyder juga menjadi urutan kedua Pelatih Terbaik 2018.

“Saya senang kembali ke Atlanta sebagai kepala pelatih. Saya juga bersemangat berkolaborasi dengan Landry untuk membuat program yang sukses didukung oleh para penggemar. Saya dan keluarga saya sangat menantikan bergabung dengan komunitas ini dan menyebut Atlanta sebagai rumah,” kata Snyder.

Kesuksesan Snyder di Jazz diharapkan bisa dibawa ke Hawks. Saat ini Hawks menduduki posisi kedelapan klasemen sementara Wilayah Timur dengan rekor 31-30. Dengan posisi itu, Hawks bisa melalui play-in. Target mereka adalah lolos ke playoff.

Musim lalu Hawks menyelesaikan musim reguler di posisi kesembilan. Mereka melalui babak play-in dengan mengalahkan Charlotte Hornets dan Cleveland Cavaliers. Setelah menempati unggulan kedelapan, Hawks takluk 1-4 dari Miami Heat di babak pertama playoff. (rag)

Foto: NBA

Komentar