IBL

Bumi Borneo Basketball Pontianak sekali lagi menunjukkan mentalitas pantang menyerah mereka, Minggu (26/2). Hanya sempat unggul 16 detik di tiga kuarter pertama, Bumi Borneo mengejutkan Mountain Gold Timika di empat menit terakhir gim. Pertahanan Bumi Borneo membawa mereka seolah hidup kembali dan akhirnya menang 80-73. 

Secara keseluruhan, Bumi Borneo sempat tertinggal 11 poin di gim ini. Total ada enam turnover yang dibuat oleh Mountain Gold di kuarter empat. Di paruh kedua, ada 12 turnover. Secata keseluruhan, ada 25 turnover dari Mountain Gold yang terus mengikis keunggulan mereka. 

"Kami memang cukup kesulitan di awal gim. Energi dari para pemain tak terlihat. Kalau analisis saya, mungkin para pemain merasa terlalu jemawa melihat Mountain Gold tidak diperkuat Ruslan dan Randika Aprilian," ulas Rimbun Sidahuruk, asisten pelatih Bumi Borneo. 

"Tapi, di paruh kedua, utamanya di kuarter empat, kami ingatkan lagi para pemain. Kita ini bukan tim besar, tidak ada lawan mudah untuk kami. Anak-anak memberikan respon yang baik dari sana," tambahnya. 

Seluruh pemain Bumi Borneo bermain setidaknya delapan menit dan semuanya mencetak angka. Randy Bell masih jadi mesin poin utama Bumi Borneo. Hari ini ia dobel-dobel 28 poin, 12 rebound, dan 4 steal. Cameron Ridley membantu dengan 13 poin dan 8 rebound. 

Tiga pemain Mountain Gold membukukan dua digit poin. Andre Rorimpandey memimpin tim dengan dobel-dobel 17 poin, 10 rebound, 5 asis. Jarrid Famous juga dobel-dobel 16 poin plus 11 rebound. Shavar Newkirk bermain 15 menit dan mencetak 12 poin plus 5 rebound. 

"Kredit terlebih dulu saya berikan untuk pemain-pemain saya yang memberikan perlawanan luar biasa. Tanpa dua pemain inti kami, apa yang kami tunjukkan sudah cukup bagus," terang Predrag Lukic, Kepala Pelatih Mountain Gold. 

"Kami akan fokus untuk memperbaiki cara kami bermain saat unggul, saat di waktu-waktu akhir pertandingan. Namun, saya juga ingin bilang bahwa lawan kami dapat 29 tembakan gratis sedangkan kami 18. Ini jumlah yang cukup banyak tapi saya rasa tidak ada yang peduli," tutupnya. 

Hasil ini membuat Bumi Borneo menyapu bersih pertemuan mereka dengan Mountain Gold (2-0). Pertemuan pertama terjadi di Seri 1 Bali. Cerita pun nyaris serupa. Kala itu Mountain Gold sempat unggul 20 poin sebelum kehilangan gimnya. Rekor Bumi Borneo sekarang adalah (8-5), sementara Mountain Gold (4-8). (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

 

Komentar