IBL

Russell Westbrook baru saja diperkenalkan secara resmi sebagai pemain baru Los Angeles Clippers, Rabu, (22/2), waktu setempat. Kepastian ini didapatkan setelah Russ (sapaan Westbrook) sepakat untuk putus kontrak dengan Utah Jazz. Sebelumnya, dalam 1,5 musim terakhir, Russ bermain untuk Los Angeles Lakers. Ia lantas masuk dalam paket pertukaran tiga tim yang membuat Lakers mendapatkan D'Angelo Russell kembali dan juga Malik Beasley. Selain Jazz, tim yang terlibat pertukaran ini adalah Minnesota Timberwolves. 

Banyak pendapat miring yang muncul dalam perekrutan Russ oleh Clippers ini. Beberapa penikmat NBA di luar sana percaya bahwa mendatangkan Russ tak ubahnya dengan kehadiran John Wall di Clippers musim ini. Wall sendiri ditukar oleh Clippers ke Houston Rockets sebelum kontraknya diputus. Namun untuk saya, Russ jauh berbeda dengan Wall dari segala aspek. Jika kita bicara mengenai keduanya di 5-7 tahun ke belakang, mungkin keduanya memang cukup mirip. 

Ya, Russ dan Wall adalah dua garda ekplosif, cepat, yang bisa dibilang Amerika banget. Keduanya sempat menjadi lima garda terbaik NBA beberapa tahun ke belakang. Russ bahkan jelas membawa pulang gelar pemain terbaik musim reguler (MVP) pada 2017 lalu yang menasbihkan dirinya sebagai garda terbaik NBA kala itu. Dari sini juga bisa dilihat bagaimana keduanya adalah pemain yang berbeda terlepas gaya bermain yang hampir serupa. 

Terlepas dari cedera yang menghambat kariernya menuju puncak, Wall bukanlah tipikal pemain all around seperti Russ. Wall adalah mesin poin dan fasilitator, dua itu saja. Sedangkan Russ kita tahu bersama adalah tipikal pemain all around meski bukan yang sangat mendominasi semua lini. Empat musim memiliki rerata tripel-dobel adalah bukti betapa menyeluruhnya permainan Russ.

Russ juga jauh lebih produktif sebagai mesin poin dengan 11 musim beruntun mencetak rataan 20+ poin per gim. Russ bahkan berhasil sekali memiliki rataan 31,6 poin per gim. Semua hal ini ia catatkan dengan efektivitas (eFG%) lebih bagus dari Wall, meski tak terpaut cukup jauh. 

Bergeser ke musim ini, terlepas dari keduanya sama-sama memulai gim dari bangku cadangan, peran dan kontribusi keduanya sangatlah berbeda. Russ adalah opsi utama Lakers dari bangku cadangan sedangkan Wall adalah opsi kedua atau bahkan kesekian dengan keberadaan Norman Powell, Terance Mann, hingga Luke Kennard. Sebaliknya, alasan utama Russ jadi pilihan pertama di bangku cadangan Lakers adalah tipisnya kualitas pemain cadangan bagus di sana. Russ menghabiskan banyak waktunya dengan Wenyen Gabriel, Austin Reaves, hingga Max Christie.

Situasi-situasi di atas jelas menggambarkan perbedaan Russ dengan Wall.  Lantas, pertanyaan selannjutnya adalah, apa yang bisa ditawarkan Russ untuk Clippers?

Secara statistik, jika Anda menjelajahi NBA.com, maka bisa kita lihat bahwa Clippers adalah salah satu tim yang bisa disebut medioker untuk urusan menerobos ke paint area (drive). Mereka ada di urutan ke-19 liga untuk rataan drive terbanyak dalam satu gim dengan 45,0 drive per gim. Russ adalah pemain yang gemar melakukak drive. Ia ada di peringkat sembilan untuk drive terbanyak di liga dengan 785 drive. Lebih bagus lagi, dari kumpulan pemain dengan setidaknya 500 drive musim ini, Russ ada di peringkat 31 untuk akurasi dengan catatan 47,4 persen. 

Hal yang akan sangat menguntungkan Clippers adalah fakta bahwa mayoritas drive dari Russ berujung dengan umpan. Tercatat, 49,2 persen drive Russ berujung dengan passing (PASS%). Dari sana, ada 118 asis tercipta atau setara dengan 15 persen (AST%). Dengan keberadaan pemain seperti Paul George, Kawhi Leonard, Marcus Morris, dan Ivica Zubac, opsi umpan Russ terbuka lebar. Nama-nama seperti Norman Powell, Amir Coffey, serta tambahan Eric Gordon dan Bones Hyland juga membuat Russ pun masih bisa punya opsi saat ia mungkin turun dari bangku cadangan ataupun berkolaborasi dengan barisan cadangan. 

Untuk saya, Russ akan semakin membuat Clippers menakutkan. Melihat skuad yang ada pun, harusnya Tyronn Lue tak perlu memainkan Russ dari bangku cadangan, Russ masih sangat layak menjadi opsi utama. Bayangan saya, Russ, George, Kawhi, Morris, dan Zubac akan jadi opsi lima pertama. Dari bangku cadangan , Powell, Hyland, Gordon, Robert Covington, dan Mason Plumlee. Mann, Coffey, dan Nic Batum juga masih ada untuk menjaga kedalaman tim ini. 

Foto: NBA

Komentar