IBL

Pertandingan super tersaji di Cypto.com Arena, Jumat (24/2), waktu setempat. Tuan rumah, Los Angeles Clippers bertarung dengan Sacramento Kings dalam drama dua kali tambahan waktu (overtime). Lebih gila lagi, keduanya menutup gim dengan skor fantastis 176-175 untuk kemenangan Kings. 

Kedua tim menorehkan catatan-catatan statistik yang mengerikan. Clippers yang untuk kali pertama diperkuat oleh Russell Westbrook menorehkan rekor terbaik organisasi mereka dengan memasukkan 26 tripoin dari 45 percobaan (57 persen). Akurasi keseluruhan Clippers untuk gim hari ini juga cukup gila dengan mencapai 60 persen (59/98).

Meski tak memiliki akurasi mengerikan seperti Clippers, catatan Kings tetap istimewa. Mereka menembak 58 persen (65/111) secara keseluruhan dan 18/41 dari tripoin (43 persen). Kunci kemenangan Kings sendiri adalah banyaknya turnover dari Clippers yang mencapai 25 kali. 

Buruknya lagi, dua dari keseluruhan turnover tersebut terjadi di satu menit terakhir gim oleh Mason Plumlee yang berujung dengan poin-poin krusial dari Kings. Total ada 42 points from turnover untuk Kings dan 41 fastbreak poin yang menandakan juga buruknya transisi menyerang ke bertahan Clippers. 

Total 351 poin kombinasi kedua tim adalah yang tertinggi kedua sepanjang sejarah NBA. Selain itu, hadirnya tiga pemain yang mencetak 40+ poin juga masuk dalam catatan sejarah. Ada lima gim di sepanjang gelaran NBA yang berakhir dengan tiga pemain mencetak 40+ poin. Terakhir kali hal itu terjadi pada 2012. 

Malik Monk adalah satu dari tiga pemain yang mencetak 40+ poin tersebut. Ia bahkan memimpin daftar top skor gim dengan 45 poin dan 6 asis selama 40 menit bermain. Monk memasukkan 15/24 tembakan (62 persen) termasuk 6/12 tripoin. 

Ia adalah pemain kedua dalam sejarah NBA yang punya catatan 40+ poin, 5+ asis, dan 5+ tripoin dari bangku cadangan. Sebelumnya, nama Jamal Crawford berdiri sendiri di daftar. 

De'Aaron Fox menyusul Monk dengan dobel-dobel yang mengerikan, 42 poin, 5 rebound, 12 asis, plus 5 steal. Fox adalah motor di balik pengejaran 11 poin Kings di sisa tiga menit terakhir waktu normal. Ia mencetak poin atau asis di 13 dari keseluruhan 17 poin terakhir Kings. 

Dari kubu Clippers, Kawhi Leonard adalah pencetak 40+ poin tersebut dengan 44 poin, 4 rebound, dan 4 asis. Kawhi jadi yang paling efektif di antara tiga nama dengan 40+ poin ini. Ia memasukkan 16/22 tembakan (73 persen), termasuk 6/9 tripoin (66 persen). Kawhi juga sempurna dari enam kali tembakan gratis. 

Paul George membantu Kawhi dengan dobel-dobel 34 poin, 10 rebound, dan 5 asis. Norman Powell memimpin barisan cadangan dengan 24 poin selama 37 menit bermain. Di laga debutnya, Russell Westbrook juga tampak nyaman dengan dobel-dobel 17 poin, 5 rebound, plus 14 asis. 

Hasil ini membuat kedua tim masih bersaing di papan atas klasemen sementara Wilayah Barat. Kings di peringkat tiga dengan rekor menang-kalah (34-25) sedangkan Clippers di bawahnya dengan catatan (33-29). 

Kedua tim akan kembali bermain lusa. Keduanya sama-sama akan menjadi tim tamu. Kings bertandang ke Oklahoma City Thunder sedangkan Clippers ke markas Denver Nuggets. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar