IBL

Hobi Yang Dilakukan Sejak Kecil Hingga Sesukses Sekarang

Anda mungkin tak mengenali siapa Ben Haggerty. Namun bila menyebut Macklemore, Anda pasti tahu siapa dia. Rapper satu ini melejit lewat lagu-lagunya yang mudah dicerna. Ben Haggerty atau Macklemore punya banyak cara dalam menceritakan hobinya. Salah satunya adalah lagu “Thrift Shop”.

Thrift Shopping adalah sebutan untuk membeli barang-barang bekas layak pakai. Barang yang dibeli pun beragam, mulai dari peralatan elektronik hingga baju. Namun, Macklemore mengkhususkan hobinya dalam berbelanja baju bekas. Kegiatan ini jadi solusi bila ingin berbelanja murah. Cukup hemat bila dibandingkan dengan berbelanja di mal atau gerai retail resmi.

“Saya melakukannya (belanja baju bekas) sejak kecil,  sampai sekarang,” kata Macklemore kepada Complex. Baginya, membeli baju bekas itu lebih sulit daripada membeli baju baru.

“Bila Saya menemukan apa yang saya suka, saya akan membelinya tanpa berpikir dua kali,” kata rapper kelahiran Seattle ini. Dan benar saja, di rumahnya berjejal ratusan baju berbagai model yang ia dapatkan dari berburu baju bekas. Ia menyediakan lemari khusus untuk menyimpan baju bekas hasil buruannya di samping lemari tempatnya menyimpan puluhan sepatu Nike Air Jordan.

Majalah bisnis Go Banking Rates menyebutkan bahwa pendapatan Macklemore mencapai angka 18 juta Dollar AS per tahun. Belum termasuk dengan pendapatan dari iklan yang ia bintangi. Walau begitu, kebiasaan berburu baju bekas di toko-toko pinggiran tak berhenti. “Saya suka menjelajahi toko baju bekas. Banyak pakaian unik dan menurut saya lebih eksklusif. Kenapa? Karena baju bekas hanya dijual per buah saja. Tidak seperti di mall,” imbuhnya.

Ryan Lewis selaku produser punya pengalaman tersendiri. “Saya masih ingat ketika itu kami sedang menjalani tur album 'The Heist' menggunakan bus. Dia (Macklemore) pasti minta berhenti bila bus kami melewati toko baju bekas, di setiap kota yang kami lewati. Dan percayalah, ruangan paling belakang bus kami penuh dengan baju bekas yang ia beli,” kata Ryan Lewis saat menjalani sesi tanya-jawab di National Public Radio.

“Saya tidak akan berhenti (berburu baju bekas). Sangat menyenangkan. Ada kepuasan tersendiri bila menemukan baju bagus. Seperti saat saya menemukan jaket baseball Supreme ini. Saya membelinya di Tokyo di sela padatnya jadwal konser,” pungkas Macklemore kepada Complex.

 

Kiat-kiat Berburu Baju Bekas Ala Macklemore

Dilansir media lokal SeattleMet, Macklemore berbagi kiat agar berburu baju bekas (thrift shopping) Anda mengasyikkan:

1. Jangan datang ke toko baju bekas dengan tujuan membeli satu jenis baju. Belanjalah secara terbuka dan bersiaplah menemukan kejutan!

2. Burulah baju selain baju favorit Anda. Karena sekali lagi, bersiaplah menemukan baju yang bagus dan langka selain baju favorit yang sudah jadi incaran Anda

3. Dilarang menganggap thrift shopping sama dengan belanja pada umumnya. Anda harus jadi arkeolog, sejarawan, dan sosiolog baju

4. Jangan melakukannya saat mood sedang tidak baik. Butuh kesabaran dan ketelitian ekstra untuk menemukan baju yang bagus dengan kondisi terbaik. Semua memakan waktu yang tak sebentar.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk berburu baju bekas seperti Macklemore?

Sumber foto: Complex, SeattleMet

Komentar