IBL

Setelah jendela transfer NBA ditutup, ternyata drama masih berlanjut. Bukan soal perpindahan pemain lagi, melainkan ada banyak pemain yang terancam tidak akan tampil lagi di musim 2022-2023. Sebab, mereka terancam buy-out contract, atau kontraknya dibeli oleh tim tersebut dan statusnya menjadi free agent. Salah satunya yang terancam buy-out adalah Russell Westbrook. 

Munculnya ke-15 nama di bawah ini bersumber dari penulis senior NBA Steve Aschburner. Pria yang sudah menulis berita NBA sejak 1980 tersebut, mencoba melihat secara obyektif, maksud dan tujuan tim melakukan pertukaran pemain. Menurutnya, bisnis NBA sekarang lebih "kejam". Mereka tidak peduli dengan karier pemain, namun lebih kepada untung-rugi tim. Termasuk saat melakukan transfer pemain. 

Berikut ke-15 pemain yang terancam buy-out sebelum tanggal 1 Maret 2023, sebagai batas akhir kesepakatan kontrak pemain:

1. Russell Westbrook - Utah Jazz
2. John Wall - Houston Rockets
3. Dario Saric - Oklahoma City Thunder
4. Will Barton - Washington Wizard
5. Patrick Beverley - Orlando Magic
6. Dewayne Dedmon - San Antonio Spurs
7. Bryn Forbes - Minnesota Timberwolves
8. Danny Green - Houston Rockets
9. George Hill - Indiana Pacers
10. Serge Ibaka - Indiana Pacers
11. Reggie Jackson - Charlotte Hornets
12. DeAndre Jordan - Denver Nuggets
13. Kevin Love - Cleveland Cavaliers
14. Derrick Rose - New York Knicks
15. Terence Ross - Orlando Magic

Dari ke-15 nama di atas, ada Russell Westbrook yang memang cukup menarik untuk dibahas. Pemain berusia 34 tahun ini dianggap proyek gagal oleh Lakers. Beberapa berspekulasi bahwa perhentian mantan MVP berikutnya bisa menjadi yang terakhir, kecuali dia menerima peran yang lebih rendah dan memodifikasi permainannya agar sesuai. Tetapi semua kemungkinan tetap terbuka saat akhir pekan ini dimulai. Westbrook bisa saja bergabung dengan Clippers, atau membuat kesepakatan dengan Heat, Bulls, Nets atau Wizards, atau bahkan bertahan di Salt Lake City. Namun ada berita yang menyebutkan bahwa Utah Jazz memang tidak benar-benar menginginkan dirinya ada di tim. 

Situasi yang menarik juga terjadi pada Patrick Beverley. Mantan pemain Lakers ini juga tidak diinginkan di Magic. Beverley memang berhasil membantu Timberwolves mencapai playoff musim lalu. Tetapi di Lakers, dia gagal memenuhi ekspektasi manajemen. Sementara, Wolves juga tidak berharap dia kembali. Karena mereka sudah mengambil Mike Conley. Jadi ada kemungkinan kalau Beverley bakal jadi pemain free agent setelah kontraknya di buy-out oleh Magic. 

Sementara itu, ada beberapa pemain yang memang tidak masuk bursa transfer, tetapi bakal diberhentikan oleh timnya sendiri. Seperti Kevin Love dan Derrick Rose. Menurut Steve Aschburner, Love diminta untuk berkorban lagi di Cleveland. Dia kembali menjadi penghangat bangku cadangan saat Dean Wade kembali dari cedera. Tapi pemain berusia 34 tahun itu telah menikmati iterasi Cavaliers ini. Meski dia tidak meminta keluar dari tim, sepertinya manajemen Cavs tidak ingin punya beban terlalu besar. Mereka akan melepaskan Love akhir pekan ini.

Sedangkan untuk Derrick Rose, dengan Tom Thibodeau sebagai kepala pelatih, Rose yang keluar dari rotasi Knicks tidak mampu berbuat banyak. Buy-out adalah kemungkinan akan menjadi langkah sentimental. Tetapi situasi ini memungkinkan bagi Rose untuk kembali ke Chicago Bulls. Pulang ke kampung halaman bisa jadi langkah terbaik untuk menikmati masa-masa akhir kariernya. 

Dari nama-nama yang disebutkan di atas, ada juga yang berpeluang untuk dilepas oleh timnya. Mereka adalah Justin Holiday, Cory Joseph, Frank Kaminsky, Kevin Knox, Thaddeus Young. Jadi kita tunggu saja sampai 1 Maret 2023, untuk mengetahui bagaimana nasib para pemain tersebut. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar