IBL

Babak playoff NBA 2023 masih setengah jalan. Namun bursa pasar pemain "free agent" sudah mulai memanas. Fokus pada posisi garda, ada 13 pemain di posisi tersebut yang bisa meramaikan bursa. Dari ke-13 nama yang ada dalam daftar tersebut, ada Kyrie Irving dan James Harden. Secara status, mereka akan menyandang status "free agent", meski sudah ada gambaran tentang masa depan mereka di klub masing-masing. 

Kyrie Irving masih berada di Dallas, meski Mavericks sudah tersingkir dari persaingan playoff. Tapi sejauh ini, eksperimen yang dilakukan Mavs, dengan menyatukan Irving dan Luka Doncic membuahkan hasil. Irving bakal berstatus "free agent" pada akhir musim 2022-2023. Namun Mavs bisa menawarkan kontrak terbaik dengan nilai 46,9 juta dolar Amerika setahun, dan berpeluang menjadi kontrak jangka panjang selama lima tahun. 

Irving memang membuka peluang negosiasi dengan Mavs. Tetapi karena perilaku manajemen di akhir musim ini, bisa berpengaruh kepada pandangan Irving tentang bertahan di Mavs. Kalau sampai itu terjadi, Los Angeles Lakers yang siap menyambutnya. Karena tim asuhan Darvin Ham tersebut sudah punya wacana untuk merevolusi roster di musim depan. LeBron James juga masih punya keinginan yang sekali lagi bermain bersama Irving. 

Sementara itu, James Harden sangat cocok berada di Philadelphia 76ers. Mungkin pandangan ini muncul setelah dirinya mencetak 45 poin pada gim pertama semifinal Wilayah Timur. Tapi sampai sekarang Harden belum menemukan kata sepakat dengan manajemen Sixers. Meski dia memiliki opsi pemain yang bisa diambil untuk musim depan senilai 35,6 juta dolar Amerika. Sixers bisa memberikan tawaran maksimal sama seperti yang ditawaran Mavs kepada Irving. Sayangnya, Harden punya peluang untuk mencari nilai kontrak yang lebih besar di bursa pemain "free agent" tahun ini. 

Foto: The Spun

Selain kedua pemain di atas, ada banyak garda terbaik NBA yang bakal berstatus "free agent". Sebut saja Fred VanVleet, Russell Westbrook, Jevon Carter, Gabe Vincent, Reggie Jackson, Shake Milton, Talen Horton-Tucker, sampai pemain veteran Derrick Rose. Selain itu, masih ada tiga garda Lakers, yaitu D'Angelo Russell, Dennis Schroder, dan Austin Reaves. 

Dari nama-nama tersebut, Austin Reaves yang paling menarik. Karena Reaves musim ini hanya digaji 1,5 juta dolar Amerika oleh Lakers. Tapi dia membuktikan diri layak untuk dipertahankan. Kalau Lakers mau mengambilnya kembali, maka tim milik Jennie Buss tersebut harus menyediakan uang senilai 50,8 juta dolar Amerika agar Reaves bertahan selama empat tahun. (*)

Foto: USA Today

Komentar