IBL

Setelah heboh dengan kepindahan Russell Westbrook, Los Angeles Lakers rupanya masih punya satu kesepakatan lagi. Kali ini mereka menukar Patrick Beverley dengan Mo Bamba. Kesepakatan dengan Orlando Magic ini menjadi skenario terakhir untuk memperbaiki komposisi tim Lakers, di putaran kedua. Mo Bamba sendiri akan menempati posisi yang ditinggalkan Thomas Bryant. 

Ternyata Beverley bukan orang yang tepat untuk digabungkan dengan LeBron James dan Anthony Davis. Justru di beberapa bulan terakhir, Dennis Schroder yang mampu menunjukkan kontribusi positif. Lakers mengakuisisi Beverley dari Utah Jazz musim panas lalu dengan imbalan Talen Horton-Tucker dan Stanley Johnson. Lakers berharap pemain berusia 34 tahun itu akan memberikan suntikan kekuatan dalam hal pertahanan dan tembakan untuk melengkapi LeBron James dan Anthony Davis. Beverley mencetak rata-rata 6,4 poin, 3,1 rebound, dan 2,6 asis dalam 45 pertandingan bersama Lakers. Merasa bukan pemain yang dibutuhkan, akhirnya Lakers mencari tim yang mau diajak bertukar pemain. 

Akhirnya ada Orlando Magic, yang bersedia menukar Mo Bamba dengan Beverley. Kabar ini disampaikan oleh Shams Charania dari The Athletic. Tapi setelah kabar pertukaran ini, Khobi Price dari Orlando Sports melaporkan bahwa Magic tidak akan memakai Beverley dalam pertandingan. Mereka menggunakan kontrak Beveley yang nilainya 13 juta dolar Amerika untuk memperluar ruang gaji tim. Caranya tentu saja dengan buy-out, yang akan membuat Beverley jadi pemain free agent pada akhir musim. 

Foto: The-Press Enterprise

Lakers kini mendapatkan Mo Bamba yang mampu menghasilkan 7,3 poin, 4,6 rebound, 1,1 asis, dan 1,0 blok per pertandingan. Dia bermain sebanyak 40 pertadingan untuk Magic. Kedatangan Bamba ke Lakers sudah jelas, yaitu menggantikan Thomas Bryant sebagai senter kedua di Lakers. Bryant dikirim ke Denver Nuggets untuk ditukar dengan Devon Reed. 

Kebutuhan akan Bamba terwujud sebelum batas waktu perdagangan NBA, karena menurut Chris Haynes dari Bleacher Report, Thomas Bryant sempat meminta untuk dikirim ke tim lain kepada maajemen Lakers. Peran Bryant dikurangi setelah Anthony Davis kembali dari cedera akhir bulan Januari 2023. Sebagai imbalannya, Lakers mendapatkan pemain sayap cadangan Davon Reed dan draft pick putaran kedua pada 2025, 2026, dan 2029 dari Denver Nuggets. Sebaliknya, Thomas Bryant akan menjadi pelapis dua kali MVP NBA, Nikola Jokic di Denver Nuggets. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar