IBL

LeBron James tak henti-hentinya mengukir sejarah. Lewat penampilan memukau pada derby Los Angeles, di mana LeBron mencetak 46 poin, maka dia dinobatkan sebagai pemain pertama yang berhasil memasukkan 40 poin ke semua tim NBA, atau tepatnya 30 tim. Sayangnya, meski LeBron tampil bagus, Lakers kalah 115-133 dari Clippers, di Crypto.com Arena, Rabu, 25 Januari 2023, waktu Indonesia. 

Berharap LeBron berhenti mencetak rekor di usia 38 tahun, tampaknya jadi hal yang mustahil. Karena sampai sekarang dia masih saja mencatatkan rekor-rekor yang mungkin tidak bisa dikejar oleh pemain lainnya. Terbaru, LeBron berhasil mencatatkan dirinya sebagai pemain pertama dalam sejarah NBA yang pernah mencetak setidaknya 40 poin melawan semua tim di liga. 

Ternyata rekor ini sudah dimulai LeBron pada 24 Maret 2004. LeBron yang saat itu menjadi pemain debutan di Cleveland Cavaliers, mencetak 41 poin ke ring New Jersey Nets. Jadi Nets adalah tim pertama yang dibobol LeBron James sebanyak 40 poin. 19 tahun kemudian, LeBron berhasil memasukka 40 poin ke semua tim NBA, karena yang terakhir adalah LA Clippers. LeBron mencatatkan rekor ini setelah melewati 1.404 pertandingan. 

Menurut catatan Sam Quinn dari CBS Sports, wajar kalau Clippers jadi tim terakhir yang dibobol 40 poin oleh LeBron. Pasalnya, statistik mencatat bahwa Clippers adalah tim yang mampu menahan LeBron James hanya mencetak 24,1 poin per pertandingan, ketika bertemu mereka. 

"Saya sampai ke tempat ini, yang bahkan tidak saya pikirkan," kata LeBron James, setelah kalah dari Clippers. "Saya hanya ingin bermain dengan cara yang benar, dan mencoba untuk memenangkan pertandingan. Saya tidak ingin bermain sendiri, saya juga berpikir bagaimana bola bisa didistribusikan dengan baik. Saya mencari ritme permainan tim ini."

Sudah hampir dua dekade sejak LeBron mencetak 41 poin melawan New Jersey Nets, dan sekarang dia masih bisa mencapai jumlah poin tersebut. Mayoritas pemain NBA sangat senang mencapai 40 poin hanya sekali dalam karir mereka. Namun LeBron James tidak hanya satu kali, tapi berkali-kali, dan melawan semua tim di NBA.  LeBron berada di jalur yang tepat untuk menjadi pencetak gol terbanyak NBA sepanjang masa dengan melewati Kareem Abdul-Jabbar. Rekor ini diprediksi akan dicetak bulan depan. (*)

Foto: Reuters

Komentar