IBL

Detroit Pistons akan menghadapi Chicago Bulls di Paris pada hari Jumat, 20 Januari 2023, waktu Indonesia. Awalnya, Pistons terancam tampil tanpa Jalen Duren dengan alasan dia kehilangan paspor. Apakah memang benar demikian? Ternyata bisa saja itu hanya akal-akalan pemain semata. Karena itu, kami sajikan beberapa alasan-alasan unik pemain NBA untuk absen dalam pertandingan. 

Paspor Hilang

Ternyata Jalen Duren bukan pemain pertama yang mengaku paspornya hilang. Jermaine O'Neal juga mengalami kesalahan paspor saat timnya melakukan perjalanan untuk melawan Toronto Raptors. Namun, ini tidak terjadi ketika dia masih muda. Peristiwa tersebut terjadi saat O'Neal sudah berusia 35 tahun, dan memainkan musim terakhirnya di NBA bersama Golden State Warriors pada 2013-2014. Berbeda dengan Duren, O'Neal tidak kehilangan paspornya, ia hanya meninggalkannya di rumah. Akibatnya, dia dilarang memasuki Kanada, oleh karena itu dia tidak memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam permainan tersebut.

Sementara itu, menurut James Edwards III dari The Athletic, Jalen Duren sekarang sudah bergabung dengan timnya di Paris. Pihak Pistons sudah mengatasi masalah ini. Duren akhirnya diizinkan masuk ke Paris, dan akan tersedia dalam pertandingan melawan Bulls. Meski tidak diketahui secara pasti, apakah paspornya benar-benar hilang, atau hanya karena dia tidak mau pergi ke Paris. 

Baca juga: Jalen Duren Kehilangan Paspor, Terancam Tidak Bisa Ikut ke Paris

Merayakan Hari Ulang Tahun

Kalau yang ini lebih unik lagi. Ternyata pelakunya adalah Rajon Rondo. Dia pernah absen dalam pertandingan musim reguler 2013-2014 di Los Angeles. Situasinya yang terjadi saat itu adalah Boston Celtics harus bertanding melawan Lakers dua hari berturut-turut di Los Angeles. Rondo bermain di hari pertama, namun absen di hari berikutnya. 

Tim Celtics saat itu berusaha untuk menutupi alasan sebenarnya dari absennya Rondo, dengan mengatakan kalau pemainnya sedang dalam tahap rehabilitasi cedera ACL. Sehingga tidak diizinkan menjalani dua pertandingan dalam dua hari berturut-turut. Namun, usut punya usut ternyata pertandingan kedua melawan Lakers diselenggarakan tepat pada hari ulang tahun Rondo yang ke-28. 

Ternyata belakangan diketahui bahwa Rondo tidak mau bermain lantaran ingin merayakan hari ulang tahunnya, dan berpesta bersama teman-temannya di Los Angeles. Ini cukup mengherankan, tapi begitulah cerita unik yang terjadi. 

Kecelakaan Sepeda Listrik

Agar menjadi wawasan Anda, bahwa dalam kontrak NBA, seorang pemain dilarang mengendarai sepeda listrik. Mungkin ini aturan aneh, dan tidak banyak orang tahu, bahkan sekelas pemain NBA pun, jarang ada yang tahu. 

Tetapi ada pemain yang melanggar aturan tersebut. Dia adalah Monta Ellis, dan peristiwanya terjadi di tahun 2008. Tepat saat Ellis selesai menandatangani kontrak perpanjangan senilai 66 juta dolar Amerika, dia harus absen selama 30 pertandingan. Ternyata Ellis mengalami cedera pergelangan kaki karena mengendarai moped atau sepeda listrik dengan kecepatan rendah. 

Seharusnya cedera ini bisa disembuhkan dalam satu atau dua hari. Mungkin Ellis bisa absen dulu dalam satu pertandingan. Tapi nyatanya, Ellis harus menerima kenyataan bahwa dia tidak diizinkan mengikuti 30 pertandingan, dan tanpa bayaran. Penyebabnya karena Ellis melanggar salah satu klausul dalam kontrak NBA yang melarang pemain mengendarai sepeda listrik. 

Mudah Mengantuk

Kali ini terjadi pada Samuel Dalembert, pemain Dallas Mavericks. Pada tahun 2014, Dalembert sudah bermain di NBA selama 12 tahun. Tetapi dia melakukan sebuah kesalahan yang menyebabkan dia absen satu pertandingan. Karena sesuai dengan pembahasan kita, maka alasan tersebut tentunya unik. 

Ternyata saat sesi latihan melakukan tembakan, Dalembert pernah tidur. Itu tidak sekali, atau dua kali, bahkan Dalembert selalu tidur saat rekan-rekannya menambah jam latihan dengan latihan menembak. Dia juga sempat terlambat datang latihan karena masih tidur. Akhirnya Mavs yang jengkel pernah menghukum Delembert tidak bisa mengikuti pertandingan alias absen. Alasannya karena Delembert mudah mengantuk. 

Sudah Tua

Mungkin alasan di bawah ini sepertinya tidak masuk akal. Tetapi peristiwa tersebut benar-benar terjadi di tahun 2012. Saat itu San Antonio Spurs masih diperkuat Tim Duncan, namun sudah berada di masa-masa akhir kariernya. Sehingga Duncan jarang sekali dimainkan untuk menghemat tenaganya agar tetap bugar. 

Alasan unik kali ini bukan Duncan yang membuat, tetapi kepala pelatih Gregg Popovich. Pada laporan roster pemain sebelum pertandingan, pelatih Pop diminta untuk menuliskan status dari para pemain yang dia bawa. Karena ingin mengistirahatkan Duncan, maka dia menuliskan DNP. Tetapi ada tanda penghubung yang langsung memuat alasan kenapa pemain tersebut tidak bermain. Ternyata Pelatih Pop menuliskan kata "Old". Artinya Tim Duncan tidak bisa bermain karena sudah tua (DNP - Old). 

Itulah alasan-alasan unik para pemain NBA yang absen dalam pertandingan. Terkadang ada yang masuk akal, tapi ada pula yang tidak pernah terpikirkan. (*)

Foto: nba.com

Komentar