IBL

West Bandits Solo membuka perjalanan IBL 2023 dengan kemenangan 54-50 dari Evos Thunder Bogor, Sabtu (14/1), waktu setempat. Meski bermain dominan dengan selalu unggul selepas tepis mula, West Bandits tak cukup rapi menjaga momentum mereka. 

Keunggulan 18 poin di kuarter dua terpangkas di paruh kedua. Evos bahkan sempat melaju (13-0) dan menipiskan jarak sampai tiga poin di akhir laga. Sayangnya, upaya Evos menyamakan kedudukan melalui tripoin tak menemui sasaran. .

Prince Williams dobel-dobel 16 poin, 12 rebound, 5 asis, dan 4 steal. Kapten West Bandits, Mei Joni, menyusul dengan nyaris dobel-dobel 10 poin dan 9 rebound. Dari Evos, pemain asing, David Haye, jadi top skor dengan 14 poin. 

"Ini adalah gim pertama yang sesuai ekspektasi kami," terang Nedas Pacevicius, kepala pelatih West Bandits. "Kami sebenarnya memulai gim dengan baik, tapi di paruh kedua, kami membuat terlalu banyak kesalahan."

"Sejujurnya, ini adalah hal yang unik. Kami membuat 20 turnover, membiarkan lawan mengambil 17 offensive rebound, dan meleset 12 kali (9/12) dari tembakan gratis, tapi kami masih bisa menang. Di Eropa, jika kita membuat statistik seperti ini, kita akan kalah 30 poin," imbuhnya. 

Di lain sisi, Prince Williams cukup menikmati gim perdananya di IBL. Ia juga menegaskan bahwa West Bandits akan mendedikasikan kemenangan perdana serta perjuangan mereka musim ini untuk salah satu pemilik West Bandits yang wafat pada 10 Januari lalu, William Ongkowijaya. 

"Saya berusaha tidak menjadi pemain satu dimensi. Saya berusaha menjalankan semua peran yang ada di lapangan, segalanya untuk membantu tim saya menang. Kami akan berjuang sekuat tenaga musim ini untuk mengenang William dan keluarga yang ditinggalkan."

Dari Evos, Andre Yuwadi selaku kepala pelatih merasa ini adalah awal yang bagus untuk timnya. Terlepas dari hasil akhir, ia percaya pemain-pemain mudanya sudah tumbuh dari musim perdana mereka musim lalu. 

"Ekspektasi saya untuk mereka di musim ini adalah bermain lebih dewasa. Mereka pemain muda, tapi ini bukan lagi hal baru buat mereka. Hari ini kami memulai gim dengan lambat, tapi berhasil memperbaikinya di sisa laga. Ini pertanda yang bagus". (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

 

Komentar