IBL

Luka Doncic menjadi salah satu pemain paling cemerlang di NBA saat ini. Bersama Dallas Mavericks, Luka telah melalui lima musimnya di liga. Pemain berusia 23 tahun itu juga menjadi pemain termuda yang meraih 8 ribu poin.

Dengan usianya dan performanya saat ini, Luka diprediksi bisa menjadi pencetak skor terbanyak di liga suatu saat nanti. Posisi tersebut sedang dikejar oleh LeBron James yang telah memperoleh 37,989 poin. Mendekati rekor yang masih dipegang Kareem Abdul-Jabbar dengan 38,387 poin.

Baca juga: Luka Doncic Lagi, Paksa Dua Kali Overtime Sampai Lakers Bertekuk Lutut

Saat ini Luka memimpin liga dengan meraih rata-rata 34,3 poin per gim. Lebih banyak dari raihan LeBron dalam satu musim. Tetapi Luka menegaskan dia tidak memiliki niat untuk melampaui catatan tersebut.

Luka hanya tidak membayangkan bermain hingga berusia 38 tahun. Seperti yang dilakukan LeBron yang telah berusia 38 tahun dan bermain di musim ke-20. “Saya tidak akan bermain sebanyak itu,” kata Luka.

Pada Desember lalu, mantan pemain Mavericks Dirk Nowitzki berharap Luka bisa menjadi pemain yang bermain hingga musim ke-21 di NBA. Tetapi Luka enggan dengan komentar tersebut.

“Saya tidak yakin (bermain) selama 20 tahun. Itu merupakan waktu yang sangat lama untuk bermain basket. Saya lebih suka kembali ke perkebunan saya di Slovenia,” ujar Luka melalui ESPN.

Luka memulai karier profesionalnya bersama Real Madrid di Liga ACB pada 2015. Selama tiga tahun di Spanyol, ia selalu memenangkan Liga ACB. Ditambah juara Euro League dan MVP EuroLeague 2018.

Luka kemudian mengikuti NBA Draft 2018 dan menjadi pilihan ketiga. Pada tahun pertamanya itu Luka dinobatkan sebagai Rookie of the Year. Selama lima tahun di NBA, Luka tiga kali masuk All-Star sejak 2020. Kini ia bertarung dalam perebutan MVP 2022-2023. (rag)

Foto: The Sports Rush

Komentar