IBL

Ketika ditanya mengapa Kyrie Irving memakai nomor punggung 11, dia memiliki jawaban yang sederhana. Nomor tersebut dikenakan ayahnya saat bermain untuk Boston University. Irving, juga mengenakan nomor punggung 11 selama bermain di NCAA bersama Duke University. Namun apa memang sesederhana itu? Atau, mungkin ada suatu hal yang rumit dan menarik untuk dibahas. 

Bagi sebagian besar atlet profesional, nomor punggung yang mereka kenakan sangat penting. Beberapa atlet memakai nomor untuk menghormati orang yang dicintai, mengingat tanggal kelahiran, atau terikat secara emosional dengan nomor tertentu. Lalu bagaimana dengan Kyrie Irving? Pemain yang telah menjadi sosok kontroversial di NBA. Apakah dirinya punya hal-hal menarik, terkait nomor punggung. Mengingat sepanjang karirnya, dia memakai dua nomor punggung yaitu "2" dan "11". 

Seperti yang kita tahu, bahwa Irving memakai nomor punggung "2" setelah direkrut Cleveland Cavaliers. Sedangkan, dia memakai nomor punggung "11" di Boston Celticss dan Brooklyn Nets. Ada cerita unik di balik pemilihan nomor punggung Irving, dan trivia menarik yang bisa memperkaya wawasan kita. 

Foto: CBS Sports

Kyrie Irving direkrut Cleveland Cavaliers pada tahun 2011. Dia awalnya mengajukan nomor punggung "11" untuk dipakai. Tetapi nomor tersebut sudah dimiliki oleh Zydrunas Ilgauskas. Pemain tersebut menghabiskan 12 tahun bersama Cavs sebagai pemain, lalu melanjutkan karirnya sebagai asisten pelatih setelah pensiun. Irving akhirnya memutuskan memakai nomor punggung "2", sembari menunggu keputusan Cavs untuk Ilgauskas. 

Namun penantian Irving sia-sia. Sebab, pada tahun 2014, Cavs akhirnya memasukkan nomor punggung "11" ke dalam daftar nomor yang diistirahatkan. Tentu saja untuk menghormati Ilgauskas yang berjasa pada klub. Dan, Irving harus gigit jari, dan terus memakai nomor punggung "2" sampai dia pindah dari Cavaliers. 

Akhirnya Irving bisa kembali memakai nomor punggung "11", setelah dirinya pindah ke Boston Celtics dan kini dipakai juga untuk seragam Brooklyn Nets. Setelah penampilan gemilangnya bersama Nets akhir-akhir ini, cerita soal nomor punggung keberuntungan Irving ini muncul lagi. Seorang koresponden berita NBA untuk Charlotte Hornets, Ashley ShahAhmadi, mencoba mengumpulkan trivia unik yang menarik terkait nomor punggung Irving. 

Pertama, Kyrie Irving masuk NBA sebagai pilihan pertama pada NBA Draft 2011. Kalau ditulis angka menjadi 1:11. Kedua, ayahnya memakai nomor punggung 11 ketika bermain di Boston University. Fakta menarik ketiga adalah jumlah huruf pada nama Kyrie Irving ada 11 huruf. Kemudian huruf pertama pada namanya adalah "K" yang juga aksara ke-11 dalam alfabet. 

Irving memakai nomor punggung "11" di Duke University. Namun dia hanya memainkan 11 pertandingan karena setelah itu mendapatkan cedera. Fakta selanjutnya menyebutkan bahwa Irving mencetak 11.000 poin dalam karirnya di NBA, tepat pada tanggal 11 Maret. 

Fakta-fakta tersebut semakin menarik, ketika yang membahas justru dari sisi lawan, yaitu Charlotte Hornets. Alasannya sederhana saja, karena setelah mengalahkan Hornets, maka Brooklyn Nets mencetak 11 kemenangan beruntun. Rentetan kemenangan tersebut dikaitkan dengan Kyrie Irving yang kembali tampil padu dengan Kevin Durant. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar