IBL

FIBA sebagai federasi tertinggi olahraga bola basket, berdiri sejak 18 Juni 1932. Sepanjang tahun 2022, FIBA menggelar berbagai acara untuk peringatan ulang tahun ke-90. Sebagai puncaknya, pada akhir bulan Desember ini, mereka meluncurkan buku digital yang berisi 90 momen penting dalam sejarah FIBA dan bola basket pada umumnya. 

90 momen ikonik FIBA bisa dilihat di link berikut ini: https://www.fiba.basketball/90-iconic-moments.pdf

Markas FIBA atau "House of Patrick Baumann" penuh dengan kegiatan di sepanjang tahun 2022. Termasuk di bulan Desember, seorang seniman Swiss, Serge Nidegger merombak lapangan 3x3 di markas FIBA sebagai penanda ulang tahun ke-90 federasi tersebut. Sebelumnya pada 18 Juni 2022, FIBA meresmikan patung James Naismith, yang menemukan olahraga bola basket pada tahun 1891. 

Patung perunggu ini menampilkan sosok Naismith, lengkap dengan kacamata, keranjang buah persik, bola, dan 13 aturan pertama permainan basket yang dibuatnya. Patung ini mempunyai berat sekitar 200 kg. Sedangkan sebagai orang yang diminta meresmikan patung tersebut adalah Jim Naismith, cucu James Naismith. 

Jim Naismith meresmikan patung James Naismith. Foto: fiba.basketball

Bagi yang berkunjung ke House of Basketball, pelajaran sejarah tentang bola basket ada di sana. Museum, yang memberi penghormatan kepada mereka yang telah memainkan peran kunci dalam membentuk sejarah bola basket internasional dan melestarikan warisan permainan ini. FIBA juga mengadakan pameran khusus 90 Momen Ikonik tahun ini. Benda yang dipamerkan termasuk medali, akreditasi, tiket, obor Olimpiade, bola, buku, scoresheet, dokumen, pin, panji-panji, piala, sepatu kets, poster, seragam, majalah, perangko, dan peralatan. 

Di antara momen-momen yang dirayakan dalam pameran tersebut adalah Olimpiade 1992 yang tak terlupakan di Barcelona, ​​Spanyol. Ini adalah pertama kalinya para pemain NBA berkompetisi di Olimpiade, dan memuncak dengan Pertandingan Medali Emas antara Kroasia dan Dream Team Amerika Serikat yang terkenal. 

Untuk memperingati 90 tahun FIBA, 90 momen ikonik telah dipublikasikan dalam buku digital. Laporan terperinci dari setiap momen ikonik telah ditulis, termasuk pendirian FIBA ​​di Jenewa pada 18 Juni 1932.  Saat itulah Federasi Nasional Argentina, Cekoslowakia, Yunani, Italia, Latvia, Portugal, Rumania, dan Swiss semuanya bergabung untuk mengambil langkah bersejarah untuk kebaikan permainan global.

FIBA ​​menjalankan langkah untuk mengembangkan permainan bola basket dan berfokus pada tujuan strategisnya, yang memprioritaskan pemberdayaan federasi, wanita dalam bola basket, dan perluasan wilayah federasi. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar