IBL

Brittney Griner telah dibebaskan dari penjara Rusia pada 8 Desember lalu. Ia dibebaskan dalam pertukaran tahanan dengan narapidana perdagangan senjata Rusia Viktor Bout. Griner kemudian tiba di Brooke Army Medical Center, San Antonio, Texas untuk menjalani kesehatan.

“Sangat membahagiakan bisa berada di rumah!” ujar Griner dalam postingan pertamanya sejak ditahan pada Februari lalu. Pada Jumat (16/12) waktu setempat, Griner telah bertolak dari San Antonio ke Phoenix. Ia sudah siap untuk kembali berlaga di WNBA tahun depan.

“Dalam 10 bulan terakhir terjadi pergolakan dalam setiap hal. Saya berusaha mempertahankan keyakinan saya dan ada begitu banyak rasa kasih dari semua yang membantu saya melewati semua ini. Dari lubuk hati terdalam, saya mengucapkan terima kasih atas segala bantuan kalian,” kata Griner.

Latihan Perdana Setelah Keluar Penjara, Brittney Griner Langsung Slam Dunk

Dalam keterangannya itu, Griner menjelaskan untuk saat ini ia ingin menghabiskan waktu bersama keluarganya. Selama berada di San Antonio, Griner sempat melakukan latihan pertamanya. Itu adalah momen pertama ia memegang bola setelah berbulan-bulan. Selama masa penahanan pra-sidang itu, Griner sempat ditawari bola basket tetapi ia menolak untuk bermain.

“Saya juga memperjalas satu hal: saya berniat bermain di WNBA bersama Phoenix Mercury musim ini, dengan melakukan itu, saya berharap bisa mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah membantu saya,” kata pemain berusia 32 tahun itu.

Griner telah melewatkan WNBA 2022. Ia ditangkap di Bandara Sheremetyevo, Rusia karena membawa minyak ganja. Di Rusia ganja merupakan benda terlarang dengan hukuman maksimal 10 tahun penjara. Dari hasil persidangan Griner dijatuhi hukuman 9,5 tahun penjara.

Griner merupakan pilihan pertama WNBA Draft 2012 dari Baylor University. Ia memenangkan cincin juara bersama Mercury pada WNBA 2018. Griner tercatat delapan kali masuk All-Star.

Pada WNBA 2022 lalu, Mercury tumbang di babak pertama playoff oleh Las Vegas Aces. WNBA 2023 akan dimulai pada 19 Mei. Mercury akan membuka musim melawan Los Angeles Sparks. (rag)

Foto:  Good Word News, Instagram Brittney Griner

Komentar