IBL

Minnesota Timberwolves akan bertandang ke Vivint Arena untuk menghadapi tuan rumah Utah Jazz, pada hari Sabtu, 10 Desember 2022, waktu Indonesia. Bagi Rudy Gobert, ini pertama kalinya dia bermain sebagai tamu di arena yang membesarkan namanya. Gobert berharap suatu saat nanti dia bisa berseragam Utah Jazz, sebelum memutuskan untuk pensiun.

Sejak pindah ke Minnesota Timberwolves, Gobert belum pernah bermain di Vivint Arena. Jadi pertandingan Sabtu nanti menjadi pengalaman pertama bagi Gobert kembali bermain di hadapan pendukung Utah Jazz. Bedanya kali ini, Gobert berposisi sebagai tim lawan. Namun Gobert sangat antusias menyambut laga ini. 

"Mungkin akan emosional. Tapi saya hanya ingin menikmati momen ini. Tentunya saya ingin menang. Mencari kemenangan untuk tim saja," kata Gobert kepada ESPN, sesaat sebelum penerbangan Timberwolves ke Salt Lake City. 

Menurut Gobert, Jazz bukan hanya sekadar klub yang membesarkan namanya. Tapi Jazz sudah membentuknya menjadi pemain yang hebat seperti sekarang. Sejak tahun 2013 hingga 2022 bersama Jazz, Gobert tiga kali terpilih sebagai Defensive Player of The Year dan empat kali NBA All-Star. Jazz juga mencapai Playoffs enam musim terakhir, serta memiliki rekor musim reguler terbaik di NBA 2020-2021. 

"Saya menghabiskan sembilan tahun di Utah. Itu yang sulit untuk dilupakan. Banyak kenangan dengan tempat atau orang-orang yang saya cintai. Mungkin rasanya akan canggung, ketika saya berjalan di lorong menuju ruang ganti tim tamu," ungkapnya. 

Foto: nba.com

Satu-satunya alasan yang membuat Gobert pergi dari Jazz adalah tidak bisa membawa tim sampai ke Final Wilayah. Karena alasan tersebut, maka CEO Jazz Danny Ainge memilih untuk melakukan peremajaan. Manajemen mengeluarkan Donovan Mitchell, Bojan Bogdanovic, dan Gobert. Utah Jazz menjadi tim pertama yang merombak komposisi tim musim ini. Tetapi apa yang mereka lakukan belum membuahkan hasil. Jazz berada di urutan keenam klasemen Wilayah Barat dengan rekor 15-12. 

Tanggapan Gobert cukup dewasa. Dirinya tidak sakit hati, meski terkesan dibuang oleh tim yang dicintainya. "Menghabiskan sembilan tahun di Utah, jelas bukan hal yang mudah untuk dilupakan. Tetapi saya sadar bahwa ini adalah bisnis. Begitulah cara saya melihat apa yang terjadi sekarang," ujar pemain asal Prancis tersebut. 

Gobert punya mimpi untuk menjadi juara NBA bersama Utah Jazz. Tapi mimpi tersebut pupus, lantaran dia sekarang membela tim Minnesota Timberwolves. Padahal Gobert sudah memberikan jiwa raganya untuk Utah Jazz. Sehingga yang tersisa sekarang hanyalah harapan untuk bisa kembali bersergam Jazz sebelum dirinya pensiun. 

"Saya pikir, berada di Jazz lebih dari sekadar bola basket. Saya telah memberikan jiwa saya, keringat, darah, dan air mata untuk tim ini, kota ini, untuk organisasi ini. Itulah sebabnya, saya berpikir untuk bisa kembali ke tim ini, sebelum akhirnya meninggalkan bola basket," tutup Gobert. 

Timberwolves sekarang berada di posisi 11 klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor 12-12. Mereka sedang berjuang untuk masuk ke zona playoff, sama seperti Golden State Warriors, LA Clippers, dan Los Angeles Lakers. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar