IBL

Isu rasisme di Phoenix Suns tidak hanya berhenti setelah pemecatan Robert Sarver. Mantan pemain Los Angeles Lakers Lamar Odom mengkritisi maskot Suns yang ia nilai rasis. Suns memiliki maskot berupa gorila.

Dalam The Bootleg Kev Podcast, juara NBA dua kali itu mengungkapkan pendapatnya mengenai maskot Suns. “Saya merasa tidak enak dengan para penggemar Suns karena mereka tidak mendapatkan yang mungkin pantas sampai mereka mengganti maskotnya,” ujar Odom.

Selama 12 tahun pertama Suns di NBA, tim tersebut tidak memiliki maskot resmi. Maskot mereka pertama diperkenalkan pada 1980 ketika seorang pekerja telegram disewa untuk menggunakan kostum gorila ke pertandingan.

Maskot gorila itu kemudian diberi nama Go. Maskot itu telah masuk ke Mascot Hall of Fame pada 2005. Sebagai maskot Go tampil di berbagai acara amal di sekolah, rumah sakit, hingga bisnis lokal.

“Hal yang lucu adalah ketika mereka menggunakannya selama bertahun-tahun. Tidak ada yang berkomentar soal hal itu. Anda tidak bisa menemukan gorila di gurun. Mungkin Anda bisa menemukan kaktus,” kata peraih Sixth Man of the Year 2011 itu.

“Tahukan apa yang paling gila? Mereka hanya mencobanya karena mereka ingin melibatkan penggemar. Itulah alasan mereka mempertahankannya karena pada penggemar menyukainya,” lanjut Odom.

Komentar Odom dilanjutkan dengan menyebut Arizona merupakan negara bagian terakhir yang secara resmi mengakui Martin Luther King Day sebagai hari libur. Mereka menetapkannya pada 1992 atau sembilan tahun setelah hari ulang tahun Martin Luther King disetujui sebagai hari libur federal.

Tampaknya maskot Go juga tidak disukai semua orang. Dalam sebuah survei yang dilakukan situs PlayAZ pada 2021 lalu, Go menempati urutan tiga terbawah maskot favorit NBA. Gorila tersebut berada di urutan ke 25 dari 27 maskot NBA.

Go the Gorilla hanya unggul dari Mavs Man (Dallas Mavericks) dan The Coyote (San Antonio Spurs). Sedangkan tiga maskot favorit adalah Rocky The Mountain Lion (Denver Nuggets), Benny The Bull (Chicago Bulls), dan Grizz (Memphis Grizzlies). (rag)

Foto: New York Post, Bleacher Reports, Play AZ

Komentar