IBL

Babak akhir Indonesia 3x3 Tournament 2022 akan dimulai. Babak grand final akan diselenggarakan pada 26-27 November mendatang di Cilandak Town Square, Jakarta. Dalam grand final itu mempertandingkan 32 tim dengan 128 atlet.

Sebanyak 32 tim itu akan dibagi menjadi delapan grup. Masing-masing grup berisi empat tim. Mereka merupakan finalis dari final provinsi yang berlangsung sejak 17 Maret-30 Oktober 2022 di Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Pada grand final itu ada total 60 gim dengan 48 gim fase grup dan 12 gim untuk babak semifinal hingga final. “Penentuan penghuni grup menggunakan sistem seeding. Sistem ini membuat kekuatan setiap grup menjadi rata. Dengan pemerataan kekuatan, dijamin akan menambah daya tarik kompetisi,” kata Project Director Chaerul Anwar Azis.

Indonesia 3x3 Tournament 2022 ini merupakan kompetisi U-18 dan U-23. Sebelum berlaga di grand final, para peserta melalui rangkaian penyisihan di daerah masing-masing. Diawali dengan penyisihan kota di setiap provinsi. Lalu para pemenang melanjutkan pertarungan untuk menentukan finalis tiap provinsi.

Brand ambassador Indonesia 3x3 Tournament 2022 Ali Budimansyah mengaku sangat senang dan bangga ekosistem 3x3 mulai berkembang di Indonesia. Dimulai dari kompetisi kelompok umur, Budi berharap para pemain bisa berkembang ke jenjang berikutnya yang nantinya bermuara ke timnas.

“Sekarang jalan ini ekosistem kelompok umur. Habis kelompok umur mau kemana? Timnas atau even-even profesional yang ada. Tapi insyaallah tahun depan ada. Kami yakin entah siapa nanti pelaksananya,” kata Budi dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan pada Selasa (22/11) itu.

Budi menambahkan untuk bisa menuju tahap timnas memang tidak gampang bagi seorang pemain. Ia mengakui untuk pemain di angkatan 2022 ini belum bisa langsung masuk proyeksi SEA Games 2023 mendatang. Tetapi Budi tetap optimis peluang itu tetap ada.

“Ekosistem 3x3 ini butuh proses. Mungkin pada pada tahun keempat bisa diambil 2-3 pemain untuk ke timnas. Asalkan event ini konsisten berjalan. Ini kan baru dimulai Event 3x3 masih minim dan pemain bisa terbentuk jika sering mengikuti event,” imbuhnya. (rag)

 

Daftar Peserta Grand Final 3x3 Indonesia Tournament 2022:

PUTRI U-18                                

Grup 1

PSKD 1B Jakarta

SMA 2 Mojokerto

SMAN 1 Ciparay

SMA Tri Tunggal A

 

Grup 2

SMAN 3 Cibinong

St. Kristoforus

SMAN 1 Grati Pasuruan

Olifant School Yogyakarta

 

PUTRA U-18

Grup 1

SMAN 116 Jakarta

SMAN 2 Majalaya Jabar

SMAN 11 Semarang A

SMA Santo Yusuf E Jatim

 

Grup 2

SMAK Penabur A Jabar

SMA Al Ma'ruf A Jakarta

SMAK Santa Agnes A Jatim

Stella Duce A Jateng

 

PUTRI U-23

Grup 1

Net Rippers Jakarta

YMS B Jakarta

Polonia Ball Stars Jateng

Ciputra Jatim

 

Grup 2

Net Rippers KUY 21 Jabar

Kibel Jakarta

Mawar Jatim

Kota Depok Jateng

 

PUTRA U-23

Grup 1

Swans C Jakarta

Lavish A Jabar

Kenanga Jaya B Jateng

Loops Jatim

 

Grup 2

Kota Bandung Jabar

Johan GTG Jakarta

Kenanga Jaya A Jatim

Bintang Muda A Jateng

 

Foto: SSS International