IBL

DBL Indonesia memastikan bakal konsisten menggelar DBL Camp musim ini. Kamp basket pelajar terbesar di tanah air itu bakal dihelat Mei 2023. Nama kamp itu kini berubah menjadi KFC DBL Camp 2023. Adanya nama KFC karena brand fast food itu musim ini memang menjadi partner penyelenggaaan liga DBL.

Dari KFC DBL Camp itu, akan ada pelajar yang tersaring masuk skuad KFC DBL Indonesia All-Star 2023. Skuad elite itu sendiri akan dikirim ke Amerika Serikat untuk belajar dan bertanding. Rencananya mereka akan diberangkatkan ke Amerika Serikat pada Julli 2023.

Program KFC DBL Camp sendiri merupakan bentuk konsistensi DBL Indonesia yang menjadikan liganya sebagai wadah serta panggung pengembangan potensi bagi para student-athlete di Indonesia. Seperti diketahui, musim ini DBL Indonesia kembali menggelar liganya ke seluruh Indonesia. Dari Aceh sampai Papua.

Selama bergulir sejak 2004, ujung dari kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia ini adalah terpilihnya talenta-talenta terbaik untuk masuk dalam DBL Camp.

Sebagai official partner baru liga untuk musim 2022-2023 ini, KFC memang mendukung total liga basket yang menyedot animo begitu luar biasa para pelajar dari ribuan sekolah peserta di Tanah Air itu. Selain lewat program DBL Camp, dukungan KFC juga diwujudkan lewat tayangan livestreaming.

Musim ini total laga yang ditayangkan melalui YouTube dan aplikasi DBL Play sebanyak 1.000 laga. Meningkat hampir dua kali lipat dari musim sebelumnya (2021), sebanyak 578 tayangan livestreaming.

”Kami merasa bangga karena turut terlibat langsung dengan menjadi partner utama liga basket pelajar terbesar di Tanah Air ini. Menurut kami, kegiatan (liga) ini sangat positif bagi generasi muda, khususnya pelajar SMA. Kami ingin ikut menggairahkan anak-anak muda di Indonesia untuk aktif berolahraga dan berkompetisi secara sehat dan sportif,” ujar Eric Leong, CEO PT Fast Food Indonesia.

Bukan hanya sekadar mendukung liga, lanjut Eric, KFC juga ingin ikut terlibat secara total dalam mendukung tercapainya prestasi basket di kancah internasional.

”Bersama DBL Indonesia, kami menyusun serangkaian program pencarian dan pengembangan talenta berbakat yang dilakukan secara masif di 30 kota dari 22 provinsi," kata Eric pada sesi jumpa pers di KFC Kemang Timur, Kamis (17/11)

Program itu dilakukan dengan menyeleksi calon-calon pebasket terbaik dari berbagai daerah tersebut. Lalu memolesnya dalam camp basket pelajar terbesar yang output-nya sejauh ini banyak berkontribusi pada kebutuhan Tim Nasional Basket Indonesia.

Tahapan program pengembangan basket itu diawali dengan proses seleksi yang teliti dan obyektif. Setidaknya ada 20 ribu student-athlete berbakat yang terpantau dan terseleksi selama mereka berkompetisi pada Honda DBL with KFC. Kompetisi Honda DBL with KFC sendiri digelar sejak Agustus 2022 hingga Maret 2023 mendatang.

Dari tiap seri penyelenggaraan tersebut, dipilihlah masing-masing lima pebasket putra dan putri, serta pelatih terbaik yang menyandang sebagai KFC First Team dari tiap provinsi. Khusus pada seri DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat juga dipilih lima pebasket putra dan putri sebagai KFC Second Team.

Total ratusan student-athlete sudah terpilih. Plus 50 lebih pelatih sekolah terbaik yang menyandang KFC First Team maupun KFC Second Team. Mereka itulah yang berhak mengikuti KFC DBL Camp 2023.

Pada KFC DBL Camp 2023 nanti, ratusan campers (sebutan peserta) akan mengikuti agenda pelatihan untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan fundamental basket lebih mendalam. Mereka bakal dilatih para pelatih top kaliber dunia. Dipimpin langsung oleh legenda basket Timnas Australia Andrew Vlahov serta Shane Froling dari World Basketball Academy (WBA) Australia.

Selain pelatihan, selama pelaksanaan KFC DBL Camp 2023 yang dijadwalkan akan berlangsung selama seminggu ini, para campers nantinya juga akan bersaing secara kompetitif. Mereka diseleksi dan dinilai dari berbagai aspek. Serta melalui tahapan proses penyaringan.

Dari ratusan peserta, disaring menjadi Top 50 Campers. Lalu diseleksi lagi menjadi Top 24 Campers. Hingga terpilih 12 pemain putra dan putri terbaik, yang disebut sebagai skuad elite KFC DBL Indonesia All-Star 2023. Dipilih juga pelatih dan asisten pelatih terbaik untuk masing-masing mendampingi tim putra dan putri KFC DBL Indonesia All-Star 2023.

Ke-12 pemain putra dan putri, serta total empat pelatih terbaik yang menyandang KFC DBL Indonesia All-Star 2023 itulah yang berhak diterbangkan ke Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam, mereka bakal belajar dan bertanding.

”Terima kasih kami sampaikan atas dukungan dan kepercayaan dari KFC sebagai partner utama. Kami tertantang untuk makin membesarkan liga ini (Honda DBL with KFC), agar memberi impact positif yang jauh lebih besar lagi terhadap pengembangan anak-anak muda di Indonesia melalui basket,” ungkap Masany Audri, Direktur DBL Indonesia.

Masany percaya bahwa kesuksesan Honda DBL with KFC tidak serta merta lepas dari peran banyak pihak. Lahirnya talenta-talenta muda yang tampil, bagi Masany, merupakan suatu prestasi yang berhasil ditoreh. Ia berharap bahwa setiap talenta yang muncul dapat dilihat dan dijadikan pilihan dalam membela Timnas.

Dampak positif dari bergulirnya liga (Honda DBL with KFC) secara konsisten sejak 2004. Serta program pelatihan kamp basket pelajar terbesar (KFC DBL Camp) dan memberangkatkan student-athlete terbaik ke Amerika Serikat yang rutin dilakukan sejak 2008 lalu, mulai terasa pada pencapaian berbagai prestasi di level basket nasional hingga internasional.

Sederet alumni DBL mengisi skuad Timnas Bola Basket. Pada level senior hingga junior. Dari berbagai level kejuaraan internasional. Seperti Kualifikasi FIBA World Cup 2023 lalu, ada 6 pemain yang tercatat sebagai alumni DBL, yakni Widyanta Teja, Yudha Saputra, Aldy Izzatur, Vincent Kosasih, Juant Laurent, dan Kevin Yonas.

Sedangkan pada SEA Games 2022 ada 12 pemain alumni DBL. Tujuh di timnas putri yang sukses meraih medali perak. Serta, lima di tim putra yang membuat sejarah meraih medali emas setelah mengalahkan Filipina di partai final. Diantaranya, Sandy Ibrahim Aziz dan Hardianus Lakudu.

Di level timnas junior, seperti pada FIBA Asian Championship U-16 dan U18, tak hanya diisi para alumni, tapi juga bahkan diperkuat para pemain yang masih aktif tampil di Honda DBL with KFC musim ini. Salah satunya Vanissa Renata Siregar, student-athlete dari UPH College Tangerang.

Musim lalu, saat masih duduk di kelas XI, Vanissa berhasil dinobatkan sebagai campers terbaik. Ikut berangkat ke Amerika Serikat untuk belajar dan bertanding. Bahkan ikut andil mempersembahkan gelar champion bersama skuad elite All-Star 2022 pada turnamen yang digelar di Los Angeles, Juli lalu.

”Saya terus berlatih mempersiapkan diri menyambut Honda DBL with KFC 2022 Banten Series yang akan bergulir Desember nanti. Inginnya membawa sekolah juara, dan terpilih KFC First Team. Agar bisa ikut lagi KFC DBL Camp 2023 dan terpilih sebagai KFC DBL Indonesia All-Star 2023. Biar bisa berangkat ke Amerika Serikat lagi,” ujarnya.

Irto Rachman, Ketua Bidang Basket (5n5) Pengprov Perbasi DKI Jakarta ikut memberikan tanggapannya. Menurutnya,  Honda DBL with KFC yang telah konsisten berlangsung selama belasan tahun serta program pencarian talenta seperti KFC DBL Camp telah memberi kontribusi penting bagi Perbasi selalu induk organisasi basket. Baik di tingkat nasional hingga daerah.

“Mayoritas skuad DKI Jakarta pada PON XX di Papua tahun lalu adalah alumni DBL. Sebagai induk organisasi, menurut saya DBL memiliki konsistensi dan kontribusi yang luar biasa dalam memberi panggung bagi talenta muda yang berbakat untuk berkembang dari level sekolah,” sambungnya.(*)

 

Komentar