IBL

Pertandingan antara GSBC CLS Knights dan Papas Surabaya sebenarnya tak banyak menentukan apa-apa. Pasalnya, GSBC CLS sudah dipastikan melaju ke semifinal Jawa Pos Honda Pro Tournament 2017. Menang atau kalah, mereka tetap berada di peringkat kedua grup B.

GSBC CLS pun pada akhirnya memenangkan laga terakhir di babak penyisihan itu. Mereka menang 114-52 di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Jumat 24 November 2017. Dalam kesempatan itu, pemain asing Sampson Carter mencetak double-double 32 poin dan 10 rebound. Katon Adjie Baskoro di tempat kedua dengan 19 poin, sementara Taylor Statham mengoleksi triple-double 17 poin, 10 rebound, dan 10 asis.

Di kubu Papas, Ade Baskara dan Claudie Gregorio sama-sama mencetak 12 poin. Mereka memang kesulitan mencetak angka. Apalagi bermain tanpa pemain asing seorang pun.

Di lima menit kuarter pertama, kedua tim sebenarnya bermain ketat. GSBC CLS hanya unggul dua angka saat itu. Namun, setelah itu mereka malah menunjukkan taringnya. Kombinasi pemain lokal dan asing membuat mereka unggul 22-13.

Selanjutnya, GSBC CLS mendapat irama permainan mereka. Keunggulan di awal pertandingan membawa mereka lebih jauh di kuarter dua. Lawannya hampir tak kuasa menahan serangan mereka. GSBC CLS memimpin dengan margin lebar 54-25. Paruh waktu pertama benar-benar milik mereka.

Di kuarter ketiga, GSBC semakin menyulitkan lawan. Serangan-serangan lawan berhasil mereka patahkan. Mereka pun tak segan melebarkan margin kemenangan. Di kuarter itu saja, mereka menambah 37 poin sementara lawan hanya 10. Maka, di kuarter terakhir mereka tinggal menunggu waktu untuk keluar sebagai pemenang. Karena di akhir itu pun ternyata GSBC CLS tidak membiarkan lawannya menyusul. Apalagi margin poin sudah lebih dari setengahnya. GSBC CLS menang 114-52.

Dengan demikian, GSBC CLS akan bertemu dengan Stapac di semifinal. Menurut Kepala Pelatih Jap Ricky Lesmana, timnya harus bermain dengan pertahanan dan akurasi yang lebih baik jika ingin menang. Ia menambahkan, konsentrasi juga menjadi hal penting ketika melawan Stapac. Pertandingan semifinal itu sendiri akan dilangsungkan di tempat yang sama esok hari. (*)

Foto: Dika Kawengian

Komentar