IBL

Nike adalah merek sepatu yang menguasai NBA. Tapi ada tim yang membuat mereka penasaran, yaitu Golden State Warriors. Karena pemain inti atau starter-nya tidak ada yang memakai Nike. Sampai sekarang Nike masih berjuang untuk merayu salah satu dari starter Warriors. 

Perusahaan perlengkapan olahraga terbesar di Amerika Serikat tidak hanya memiliki kontrak jersei eksklusif dengan NBA, mereka juga memiliki lebih dari 75 persen pemain NBA sebagai duta. Nike semakin dominan ketika mereka punya duta yang memakai Jordan Brand. Sehingga, tidak mungkin siaran pertandingan NBA tanpa melihat logo Swoosh. 

Namun ada fakta menarik yang disajikan oleh Nick DePaula dari ESPN. Ternyata Nike tidak punya duta yang ada dalam starter tim Golden State Warriors. Padahal tim ini punya penggemar terbanyak di seluruh dunia, menurut data ESPN Stats and Info

Mari kita lihat datanya. Stephen Curry sebagai kapten tim memakai Under Armour yang belakangan memberinya merek sendiri bernama Curry Brand. Kemudian Klay Thompson dan Kevon Looney memakai Anta. Andrew Wiggins mendapatkan kontrak eksklusif dari merek Peak. Lalu yang terakhir adalah Draymond Green dengan sepatu dari Converse. 

Secara perusahaan, Nike memang menjadi perusahaan yang mengakuisisi Converse. Tetapi mereka berdiri sendiri sebagai merek sepatu yang tidak menampilkan logo Nike. Sementara dalam roster Warriors memang ada Jordan Poole yang menjadi duta Nike, tapi dia tidak masuk starter untuk musim 2022-2023. 

Menurut Nick DePaula, para pemain starter Warriors tersebut memberi kepercayaan diri dari perusahaan kecil di bawah Nike. Karena mereka mendapatkan sorotan dengan berhasil mendapatkan tanda tangan pemain starter Warriors. Sebaliknya, Nike masih penasaran, karena tidak berhasil mendapatkan salah satu dari starter Warriors sebagai duta. (*)

Foto: San Francisco Cronicle

Komentar