IBL

Kyrie Irving membuat suasana Brooklyn Nets, serta NBA pada umumnya bergejolak. Ini buntut dari tindakan kontroversial yang dibuatnya pada pekan lalu. Sebagai konsekuensinya Irving kini dijauhi semua orang. Termasuk Nets yang memberinya hukuman, serta Nike sebagai sponsornya. Masa depan Irving di NBA kini suram. 

Dalam sebuah artikel, Marc Stein menyatakan bahwa pesimisme sudah berkembang di sekitar liga. Irving kemungkinan tidak akan kembali bermain untuk Nets. Meski skorsing yang dijatuhkan hanya lima pertandingan, tapi bisa jadi Nets tidak mau memainkannya lagi. Sementara itu, Irving kabarnya akan bertemu dengan Komisaris NBA Adam Silver, pada hari Kamis, 10 November 2022, waktu Indonesia. 

Irving dihukum dengan larangan bermain lima pertandingan (minimal) oleh manajemen Nets, dan tanpa bayaran. Ini buntut dari anti-Semit di media sosial, serta menolak minta maaf, setelah diberi kesempatan oleh manajemen Nets. Irving sudah tidak bermain tiga pertandingan, sampai hari Selasa, 8 November 2022. Tanpa Irving, Nets sudah menang dua kali dan meningkatkan rekornya menjadi 4-6. Performa Nets membaik setelah mereka berpisah dengan pelatih Steve Nash. 

Tak hanya dijauhi di NBA, Irving bisa jadi kehilangan sponsornya. Pada 5 November 2022, Nike mengumumkan penangguhan kontrak kerjasama dengan Irving. Kesepakatan kerjasama yang ditangguhkan bernilai 17 juta dolar Amerika Serikat per tahun sejak 2014. Irving bakal kehilangan uang sebanyak itu. 

"Di Nike, kami percaya tidak ada tempat untuk ujaran kebencian dan kami mengutuk segala bentuk antisemitisme. Untuk itu, kami telah membuat keputusan untuk menangguhkan hubungan kami dengan Kyrie Irving efektif segera dan tidak akan lagi meluncurkan Kyrie 8. Kami sangat sedih dan kecewa dengan situasi dan dampaknya pada semua orang," tulis Nike, dikutip dari laporan Shams Charania.

Nike sebelum kasus ini mencuat, berencana meluncurkan Nike Kyrie 9 yang menjadi sepatu terakhir dari lini Nike Kyrie pada 8 November 2022. Rencana ini tentu saja ikut dibatalkan. Selain itu, Nike Kyrie 8 juga sudah ditarik dari peredaran. (*)

Foto: PennLive.com

Komentar