IBL

Brooklyn Nets menghukum Kyrie Irving karena menolak menyangkal anti-Semitisme. Dia dihukum larangan bermain lima pertandingan, dan pemotongan gaji selama skorsing tersebut. Manajemen menilai Irving sudah melanggar aturan klub dengan tidak memberikan pernyataan yang tegas soal tindakannya. Padahal manajemen sudah memberikan kesempatan kepada Irving untuk memberikan pernyataan melalui konverensi pers. 

Tindakan yang dimaksud adalah unggahan tautan film tahun 2018 tentang anti-Semit di Twitter pribadinya minggu lalu. Film dokumenter kontroversial tersebut nyatanya memang dilarang tayang di Amerika Serikat. Irving memang mengapus unggahan tersebut, namun dia masih menolak untuk menyangkal bahwa dirinya tidak menganut paham anti-Semitisme.

Sebelum turun skorsing, Irving sempat menyatakan kalau dirinya tidak bermaksud jahat dengan mengunggah tautan film ini. Namun manajemen tetap melihat tidak ada itikad baik dari Irving. "Kami kecewa hari ini, ketika diberi kesempatan dalam sesi media, bahwa Kyrie menolak dengan tegas untuk mengatakan bahwa dia tidak memiliki keyakinan anti-Semit, atau mengakui materi kebencian tertentu dalam film tersebut," kata manajemen Nets dalam sebuah pernyataan tentang hukuman skorsing kepada Kyrie Irving. 

Orang-orang Yahudi di Amerika Serikat sedang tidak baik-baik saja. FBI memperingatkan pada hari Kamis, 3 November 2022, waktu setempat, mengumumkan bahwa ada ancaman terhadap sinagoge (tempat ibadah orang Yahudi) di New Jersey. Sebuah negara bagian yang terletak tepat di seberang pelabuhan dari wilayah Brooklyn di Kota New York. Tempat tersebut dianggap sebagai salah satu tempat paling Yahudi di dunia.

"Kyrie Irving membuat keputusan sembrono untuk memposting tautan ke film yang berisi materi anti-Semit yang sangat ofensif," kata Komisaris NBA Adam Silver dalam pernyataannya, dikutip dari Reuters

Jika dia menjalani skorsing lima pertandingan, maka Irving tidak akan bermain sampai tanggal 12 November 2022. Dia bisa bermain tanggal 13 November 2022, saat Nets melawan Lakers di Los Angeles. Musim lalu, Kyrie Irving hanya dalam 29 dari 82 pertandingan musim reguler karena menolak untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Kali ini dia melakukan tindakan kontroversial yang lagi-lagi merugikan Nets. (*)

Foto: Rolling Stone

Komentar