IBL

Russell Westbrook menjadi kambing hitam pada empat kekalahan yang dialami Los Angeles Lakers di awal musim NBA 2022-2023. Namun kekalahan kelima, memberikan gambaran bahwa masalah Lakers bukan hanya Westbrook. Sebab, dia sudah memenuhi perintah Darvin Ham sebagai kepala pelatih. Tampaknya, masalah baru muncul di tim Lakers.

Untuk pertama kalinya sejak 26 November 2008, Russell Westbrook muncul dari bangku cadangan. Dia memenuhi permintaan pelatih Lakers, Darvin Ham, yang mengatakan bahwa Westbrook sebaiknya menjadi pemimpin di lini kedua. Penampilannya memang berbeda, lebih cepat dan lebih baik daripada sebelumnya. 

"Itu memang kekuatan supernya. Mengatur permainan, mendikte kecepatan. Saya pikir dia akan berkembang dalam peran itu," kata pelatih Ham, dikutip dari ESPN

Foto: Silver Screen and Roll

Namun, saat satu masalah terselesaikan, bukan berarti Lakers bisa bangun dari mimpi buruk. Mereka harus menelan kekalahan kelima (0-5) setelah tunduk dari Minnesota Timberwolves dengan skor 102-111. Ini menjadi awal musim terburuk sepanjang sejarah Lakers, sejak mereka pindah ke Los Angeles. 

Pada musim 2014-2015, Lakers juga pernah menyelesaikan musim dengan buruk. Mereka hanya menang 21 kali dari 82 pertandingan. Tapi Lakers yang masih diperkuat Kobe Bryant, waktu ini tidak pernah kalah lima pertandingan beruntun. Jadi tahun ini merupakan awal musim paling buruk bagi Lakers. 

Menurut pelatih Ham, masalah yang kini menimpa timnya adalah penguasaan bola. LeBron James mencetak 28 poin dan Westbrook menambahkan 18 poin. Tapi Westbrook menyumbang 5 turnovers dari total 22 turnovers sepanjang pertandingan. Turnovers ini menjadi masalah besar bagi Lakers, karena bisa dimanfaatkan pemain Wolves untuk mengumpulkan 25 poin. Belum lagi soal akurasi tembakan. Lima pemain starter Lakers hanya menghasilkan lima tembakan tripoin.

"Hal terbesar bagi saya. Catatan statistik yang paling mencolok adalah turnovers," kata Darvin Ham. 

Ketika masalah Westbrook selesai, Lakers harus berhadapan dengan cedera Anthony Davis. Dia mengalami masalah punggung setelah melakukan perjalanan darat dengan bus, pada kamp pelatihan. Davis tidak kuat untuk menaiki bus sejauh 185 kilometer dari Pechanga Resort di Temecula menuju fasilitas latihan tim di El Segundo. 

Davis pernah mengatakan kalau dirinya ingin memainkan seluruh pertandingan (82 laga) di musim 2022-2023. Tetapi dia juga merasa kalau punggungnya terganggu setelah melakukan perjalanan jauh. Lakers berharap Davis tidak terlalu memikirikan jumlah pertandingan. 

"Dia (Anthony Davis) memiliki perasaan tidak ingin megecewakan tim. Selalu ingin tersedia untuk tim. Tapi saya selalu berkata kepadanya, jangan mencoba menjadi pahlawan, karena kita semua manusia," kata pelatih Ham, mengomentari Anthony Davis. 

Awal 0-5 adalah catatan buruk pertama dalam karir hebat seorang LeBron James. Dia belum pernah membuat rekor seburuk ini, dan kemunduran bisa berlanjut di pertandingan berikutnya. Kecuali pelatih Darvin Ham menyusun rencana yang baik untuk memaksimalkan pemain cadangannya. Ini juga pertama kalinya LA Lakers membuka musim dengan lima kekalahan beruntun. Timnya berantakan, dan akhinya memicu warganet bereaksi di media sosial. (*)

Foto: CBS Sports

Komentar