IBL

Khaled Mohammed Khaled atau yang lebih dikenal dengan DJ Khaled adalah seorang disc jockey dan produser musik asal New Orleans, Amerika Serikat. Selain bergelut di dunia musik, DJ Khaled ternyata seorang sneakerhead yang bisa dibilang "gila". Koleksi sepatunya bernilai miliaran dolar AS. Dia termasuk penggila Jordan Brand, sehingga Michael Jordan memberikan perlakuan istimewa kepadanya. 

DJ Khaled sangat dekat dengan Jordan. Terakhir mereka terlihat menyaksikan balapan MotoGP Amerika Serikat di bulan April 2022. Khaled memuja Jordan karena desain-desain sepatu yang dibuatnya. Sebaliknya, Jordan membalas dengan memberikan akses seluas-luasnya kepada DJ Khaled untuk mendapatkan produk Jordan Brand yang disukai. 

Sebagai pemuja Jordan Brand, DJ Khaled tak ragu untuk mengeluarkan uang jutaan dolar AS untuk mendapatkan sepatu yang dia inginkan. Dalam sebuah dengan Jeet Pukhrambam dari The Sport Rush, Khaled mengaku bahwa koleksi sneaker bermerek Jordan Brand miliknya bernilai jutaan dolar AS. Semua yang dikatakan Khaled memang masuk akal, karena ada beberapa sneaker Jordan yang memiliki embel-embel eksklusif. Harganya bisa mencapai ribuan dolar AS. 

Pertanyaannya, kenapa Khaled bisa mendapatkan koleksi langka milik Jordan Brand. Padahal belum tentu sneakerhead lain memilikinya. Bahkan ada beberapa sneaker bisa didapatkan tanpa harus antre di depan toko Nike saat peluncuran. Jawabannya adalah Michael Jordan telah memberikan hak istimewa pada Khaled. "Apa pun yang diinginkan Khal, lampu hijau!." kata Khaled, menirukan ucapan Michael Jordan. 

Foto: Sole Collector

Pernyataan Michael Jordan tersebut bukan hanya ucapan seorang legenda kepada sahabatnya. Namun menurut Jeet Pukhrambam dari The Sport Rush, ucapan Jordan ini berbau bisnis. Analisanya sederhana saja. Nike memperoleh pendapatan lebih dari 5 miliar dolar AS di tahun 2021, karena penjualan produk-produk Jordan Brand. Dari sana, Michael Jordan mendapatkan 150 juta dolar AS. 

DJ Khaled sangat terobsesi dengan Jordan Brand. Sehingga dia bisa disebut sebagai pembeli setia. Di sisi lain, Khaled adalah seorang yang berpengaruh di dunia musik. Barang-barang yang dia pakai bisa jadi tren di masyarakat. Memberikan akses seluas-luasnya bagi Khaled untuk mendapatkan produk Jordan Brand, sama saja dengan memberikan kontrak sebagai duta merek tersebut. Sebaliknya bagi Khaled, dia bisa membeli sneaker apa pun sesuka hati, tanpa terikat kontrak dengan Jordan Brand. (*)

Foto: Bungalower.com

 

Komentar