IBL

Indonesia Cup 2022 akan berlangsung pada 4-11 November mendatang di GOR Sritex Arena, Solo. Ini akan menjadi turnamen pramusim sebelum memasuki musim baru IBL yang rencananya digelar pada 14 Januari 2023. Indonesia Cup 2022 diikuti 15 tim dan tanpa pemain asing.

Dari undian yang diadakan pada Rabu (26/10) itu, mereka dibagi menjadi empat grup. Masing-masing grup berisi empat klub, kecuali grup C karena peserta berjumlah ganjil. Dari masing-masing grup nanti, peringkat dua teratas berhak melaju ke perempat final.

Nantinya juara grup A akan bertemu runner up grup B. Begitu pula dengan juara grup C akan bertemu runner up grup D dengan format silang. Juara 1 Indonesia Cup 2022 akan mendapat hadiah Rp150 juta, juara 2 meraih Rp75 juta, dan juara 3 meraih Rp50 juta.

Pemain Satria Muda Pertamina Jakarta Avan Seputra sangat antusias menyambut turnamen pramusim ini. Sebelumnya Satria Muda menjuarai IBL 2022 dua kali beruntun. Namun, gagal juara di IBL 3x3 2022 setelah direbut oleh Bima Perkasa Jogja.

“Target juara kami di IBL 3x3 2022 lalu sempat terpeleset. Ini waktunya pembalasan. Ini juga saatnya kami juara tanpa menggunakan pemain asing,” tegas Avan.

Tidak hanya menyajikan pertandingan basket, Dirut IBL Junas Miradiarsyah mengatakan di Indonesia Cup 2022 ini juga diadakan kompetisi dance, cheerleader, skill challenge, dan 3 points contest untuk siswa-siswi SMA.

Kapasitas penonton di GOR Sritex akan dibuka penuh dan menampung sebanyak 2600 penonton. Tiket presale mulai dijual pada 27-31 Oktober dengan sistem daring. Setelah itu harga kembali normal dan tersedia di hari pertandingan.

“Kami ingin paling tidak dalam satu tahun ada dua kompetisi. Satu untuk musim penuhnya, satu lagi untuk kompetisi mengisi pramusim. Terakhir kami melakukan ini (pramusim) di Piala Presiden 2019. Kami sempat mencoba kembali dengan Piala Presiden. Tapi mungkin situasinya masih belum mudah,” kata Junas dalam jumpa pers di kawasan Senopati, Jakarta Selatan. (rag)

Foto: IBL

Komentar