IBL

DKI Jakarta juara umum di PON XX 2021 di Papua. Mereka meraih dua emas melalui tim putra baik 5 on 5 dan 3x3. Ditambah dengan dua perunggu dari tim putri. PON XXI akan berlangsung dua tahun lagi. Perbasi DKI mulai menyiapkan langkah mulai sekarang.

Ketua Perbasi DKI Lexyndo Hakim menegaskan pihaknya menargetkan capaian yang lebih tinggi dari PON XX 2021 itu. Ia ingin DKI menyapu bersih empat emas di ajang tersebut.

“Target PON tentu emas. Untuk semua nomor. Baik putra maupun putri di 5 on 5 maupun 3x3. Biasanya niat baik bisa terwujud selama semua bisa bekerja sama dengan baik,” kata Lexy kepada para jurnalis pada Senin (24/10) di kawasan Jakarta Selatan itu.

Memiliki target besar itu, DKI pun bergerak cepat. Ini dilakukan untuk memulai persiapan lebih awal. PON XXI 2024 sendiri akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara. Ini menjadi pertama kalinya multi event empat tahunan itu digelar di dua tuan rumah.

DKI akan membentuk tim bayangan. Tim tersebut akan memulai seleksi pada November mendatang. “Kami punya rencana untuk membuat tim bayangan dulu untuk tim putri untuk PON nanti. (Tim putri) Mulai duluan karena kemarin kan dapat perunggu,” lanjut Lexy.

Performa tim putri DKI selama PON XX 2021 lalu memang masih perlu perbaikan. Mereka harus puas dengan medali perunggu usai menyingkirkan Sulawesi Selatan. Tim 5 on 5 gagal melaju ke final setelah kalah dari Jawa Timur. Lalu tim 3x3 putri juga terhenti di semifinal setelah kalah dari Bali. Kemudian DKI menang atas Sumatera Barat di perebutan perunggu.

Sementara tim putra sukses menyabet emas. Tim 5 on 5 mengalahkan Sumatera Utara di final. Lalu tim 3x3 menyudahi perlawanan Jawa Barat. (rag)

Foto: PB PON, Perbasi Jakarta

Komentar