IBL

Gelaran turnamen 3x3 di usia muda memang cukup menjanjikan. Seperti yang dibuat oleh Bank Mandiri, yang bertujuan untuk menambah perbendaharaan PP Perbasi tentang ketersediaan pemain 3x3 di usia 18 dan 23 tahun. Di babak penyisihan terakhir di kota Surabaya, menambah jumlah total peserta hingga 3.231 orang. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kalau di Malang dan Surabaya, bulan ini ada lanjutan Livin by Mandiri Indonesia 3x3 Tournament 2022. Seleksi di kota Malang sudah dilaksanakan pada 21 Oktober 2022, di Champions Tidar. Sedangkan untuk Surabaya akan digelar pada 23 Oktober 2022, di Next Gen Sport Academy. Setelah seleksi kota selesai, maka akan ada Final Provinsi yang berlangsung di Surabaya pada 29-30 Oktober 2022. 

Menurut Chaerul Anwar Azis sebagai tournament project director, seleksi kota Surabaya diikuti 75 peserta. Rinciannya, tim putra U23 sebanyak 37 tim, dan tim putri U23 sebanyak 11 tim. Selanjutnya untuk U18 putra ada 18 tim, dan putri U18 ada 9 tim. "Kami senang dengan respons yang baik dari remaja di Surabaya dan sekitarnya. Ajang ini dimanfaatkan betul untuk menyalurkan bakat bermain dlbasket 3x3. Kami berharap nanti persaingan berlangsung ketat untuk dapatkan tiket Province Finals," jelas Azis. 

Penyelenggaraan ini sekaligus menjadi bagian dari upaya membantu PP PERBASI dalam menyediakan atlet 3x3 usia muda. Tujuannya supaya ada atlet 3x3 sendiri, dan tidak mengusik komposisi basket 5on5. Apalagi, semua pertandingan baik peserta dan hasil pertandingan tercatat dalam play.fiba3x3.com, sehingga bisa dilihat kualitas dari masing-masing pemain. 

Selanjutnya setelah seri Surabaya berakhir, maka panitia menjadwalkan gelaran Grand Finale yang berlangsung di Jakarta pada 26-27 November 2022. Tim yang lolos ke final ini akan mendapatkan fasilitas pendukung. Mulai dari subsidi transportasi yang disesuaikan dengan daerah asal, menginap di apartemen mewah, dan konsumsi. (*)

Sumber berita dan foto: rilis panitia 3x3

 

3x3

Komentar