IBL

Legenda NBA Dikembe Mutombo sedang berjuang menghadapi tumor otak. Kabar tersebut disampaikan dalam pernyataan resmi NBA pada Sabtu (17/10) atau Minggu WIB. Saat ini Mutombo sedang menjalani pengobatan di Atlanta.

“Dia menerima perawatan terbaik dari tim spesialis kolaboratif di Atlanta dan sangat bersemangat saat memulai perawatan. Dikembe dan keluarganya meminta privasi selama ini agar mereka bisa fokus pada perawatannya. Mereka berterima kasih atas doa dan harapan baik Anda,” tulis pernyataan resmi NBA.

Pada 25 Juni lalu Mutombo genap berusia 56 tahun. Ia bermain 18 musim di NBA. Diantaranya dengan Denver Nuggets, Atlanta Hawks, Philadelphia 76ers, New Jersey Nets, New York Knicks, dan Houston Rockets.

Mutombo pensiun pada 2009 lalu. Jersey nomor 55 telah dipensiunkan di Nuggets dan Hawks, dua klub dimana Mutombo meraih performa terbaiknya. Ia tercatat delapan kali masuk All-Star dan empat kali menjadi Defensive Player of the Year. Mutombo menempati peringkat ke-17 dalam perolehan rebound (12,359).

Dia menyelesaikan karier dengan 3289 blok, kedua terbanyak dalam liga setelah Hakeem Olajuwon dengan 3830 blok. Dengan raihan tersebut ia dan postur 218 cm ia dijuluki Gunung Mutombo

Ia menjadi pilihan keempat NBA Draft 1991 dari Georgetown. Dalam 1196 pertandingan musim reguler, Mutombo rata-rata mencetak 9,8 poin, 10,3 rebound, 2,8 blok dengan akurasi 51,8 persen.

Mutombo dilantik dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada 2015 lalu. Setelah pensiun, ia aktif dalam kegiatan amal dan kemanusiaan. Dia pernah menjabat sebagai duta olahraga, khususnya dalam pengembangan Basketball Africa League.

Mutombo lahir di Kinshasa, Republik Kongo. Ia juga dapat berbicara dalam sembilan bahasa dan mendirikan Dikembe Mutombo Foundation pada 1997. Yayasan tersebut bergerak dalam peningkatan kesehatan, pendidikan, dan kualitas hidup di Kongo. (rag)

Foto: NBA

Komentar