IBL

Phoenix Suns mendapat hasil mengecewakan di pertandingan pembuka pramusim. Suns kalah dari tim NBL Australia, Adelaide 36ers 134-124 di depan pendukung mereka sendiri di Footprint Center pada Minggu (2/10) waktu setempat. Suns menjadi tim pertama yang kalah di gim pramusim melawan tim non-NBA.

Terakhir kali hasil itu dialami oleh Oklahoma City Thunder melawan Real Madrid 142-137 pada 2016 lalu. Saat itu Real Madrid masih diperkuat oleh Luka Doncic. Selain itu, ini menjadi kekalahan kedua beruntun Suns di kandang sendiri sejak takluk 33 poin dari Dallas Mavericks di gim tujuh semifinal wilayah Barat musim lalu.

Pelatih Suns Monty Williams mengakui bahwa mereka memang sempat menyepelekan lawan. “Kami tidak memberi mereka rasa hormat yang pantas mereka dapatkan sebagai tim profesional. Ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk belajar,” ujarnya dilansir melalui ESPN.

“Saya benar-benar membuat mereka sedikit lebih tinggi dari yang saya inginkan. Mereka menjadi kompetitif, mereka ingin memukul balik, tetapi saya tidak akan membiarkan mereka kembali,” imbuh Williams.

Sementara itu hasil ini menjadi sejarah tersendiri bagi Sixers (julukan Adelaide 36ers). Mereka menjadi tim NBL pertama yang mengalahkan tim NBA. Kekalahan Suns memberi pukulan telak yang belum pernah dilihat orang Amerika Serikat sebelumnya.

Selama beberapa tahun terakhir, tim-tim NBL melakukan tur ke Amerika Serikat untuk menghadapi tim NBA selama pramusim. Sebelumnya hanya Melbourne United yang nyaris menang dari Oklahoma City Thunder melalui babak perpanjangan waktu.

Sixers juga menjadi tim non-Amerika pertama yang menang atas tim NBA dalam tujuh tahun terakhir. Capaian itu sebelumnya pernah diraih oleh Fenerbahce saat mengalahkan Brooklyn Nets pada 2015 lalu.

Craig Randall II memimpin Sixers dengan 35 poin. Ia melepas 13/21 tembakan dan memasukkan 9/17 tripoin selama 36 menit bermain. Disusul Robert Franks dengan 32 poin dan tujuh rebound. Antonius Cleveland 22 poin, Daniel Johnson 15 poin, dan Kai Sotto 11 poin.

Cameron Payne mencetak poin tertinggi untuk Suns dengan 23 poin. Deandre Ayton 22 poin Mikal Bridges 22 poin dan tujuh rebound. Devin Booker 13 poin, Jock Landale 12 poin, dan Torrey Craig 10 poin. (rag)

Foto: Bright Side of the Sun

Komentar