IBL

Boston Celtics menyetujui kontrak setahun dengan jaminan penuh dengan Blake Griffin. Pemain berusia 33 tahun itu menghabiskan satu setengah musim terakhir di Brooklyn Nets. Setelah itu Griffin berstatus sebagai agen bebas.

Menurut laporan The Boston Globe pada Jumat (30/9) waktu setempat, Griffin akan mendapatkan nilai kontrak minimum sebesar AS$2,9 juta. Celtics akan menjadi tim keempat dalam 13 tahun karier Griffin.

Pilihan pertama NBA Draft 2009 itu menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Los Angeles Clippers pada 2009-2018 dan meraih gelar ruki terbaik. Kemudian ia berlabuh ke Detroit Pistons pada 2018-2021. Griffin kemudian membela Nets sejak Maret 2021.

Masa keemasan Griffin memang sudah lewat. Namun, bersama Celtics Griffin memiliki kesempatan untuk memberikan peran yang lebih besar. Terutama saat awal musim ini. Celtics akan menghadapi Philadelphia 76ers pada 19 Oktober mendatang.

Saat ini Celtics memang kekurangan pemain terutama untuk barisan depan. Danilo Gallinari mengalami cedera ACL saat membela Italia di Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Selain itu, Robert Williams III juga menjalani operasi lutut pekan lalu dan diperkirakan absen selama 12 minggu berikutnya.

Musim lalu Griffin mencatat rata-rata terendah dalam kariernya. Ia mencetak rata-rata 6,4 poin dan 4,1 rebound per gim dengan akurasi 42,5 persen. Pemain yang masuk enam kali All-Star itu juga kehilangan sebagian besar waktunya karena cedera.

Pemain dari University of Oklahoma itu mengalami cedera lutut berkepanjangan selama beberapa musim. Cedera itu membuat performa Griffin meredup. Selama babak playoff lalu, Griffin hanya mendapat 25 menit bermain.

Selain Griffin, Celtics saat ini memiliki 10 pemain dengan kontrak jaminan penuh di dalam daftar mereka. (rag)

Foto: Nothing but Nets

Komentar