IBL

Devin Booker sangat mengidolakan mendiang Kobe Bryant. Bintang Phoenix Suns tersebut punya kenanangan indah dengan Kobe, saat dia diberi tanda tangan dan kata-kata penyemangat. Kini Booker berusaha membalas kenangan tersebut dengan menyumbang uang ke Yayasan Olahraga Mamba & Mambacita, dari hasil lelang sepatunya. 

Booker sangat mengagumi Kobe Bryant sejak dulu. Bahkan sejak masuk NBA pada tahun 2015 hingga sekarang, Booker setia menggunakan sepatu Nike dari lini Kobe Bryant. Kemudian sebuah momen bersejarah bagi Booker terjadi di 23 Maret 2016. Setelah pertandingan, Booker menghampiri Kobe di ruang ganti. Legenda Lakers tersebut tampak sedang mencelupkan kakinya di wadah penuh es. 

Foto: Instagram Devin Booker

Booker sempat bercakap-cakap dengan idolanya yang sedang menjalani musim terakhirnya. Karena setelah musim 2015-2016 berakhir, Kobe pensiun. Di akhir pertemuan tersebut, Kobe memberikan sepatu Nike Kobe 11 yang dipakainya. Kobe juga membubuhkan tanda tangan ke sepatu tersebut, serta sebuah majalah "Free Throw" yang menampilkan Kobe dan Booker pada sampulnya. 

Kobe menuliskan satu kalimat yang sampai sekarang menjadi penyemangat Booker. Kalimat yang ditulis Kobe di sepatu adalah "Be Legendary". Setelah kematian Kobe Bryant pada awal tahun 2020 silam, Booker punya kebiasaan baru. Dia selalu menuliskan kalimat "Be Legendary" di semua sepatu yang dikenakan setiap pertandingan. Bahkan di lengan kanannya, ada sebuah tato dengan kalimat tersebut, serta meniru tulisan tangan mendiang Kobe Bryant. 

"Hal terbesar bagi saya adalah mendapatkan rasa hormatnya," kata Booker kepada Arizona Republic setelah kematian Bryant. "Saya mendapatkan banyak pengalaman berharga saat kami berbincang-bincang. Dia juga memberikan saya beberapa saran."

Dua tahun setelah kematian Kobe Bryant, Booker harus menghadapi kenyataan berat. Suns berhadapan dengan Los Angeles Lakers di Playoff NBA 2021 putaran pertama. Sepanjang musim 2020-2021, Suns bermain sangat baik. Sebaliknya, Lakers terseok-seok karena cedera yang dialami oleh LeBron James dan Anthony Davis. 

Foto: Boardroom.tv

Sepanjang pertandingan playoff melawan Lakers, Booker memakai Nike Kobe 4 Player Edition berwarna ungu cerah, yang menjadi ciri khas Lakers. Dia juga mengenakan sepatu yang sama saat menyingkirkan Lakers. Dia juga memakai sepatu tersebut saat mencetak 47 poin, yang jadi catatan tertinggi di playoff sepanjang karirnya. Lalu, dengan senang hati, Booker merelakan sepatu kesayangannya untuk dilelang.  

Booker bekerja sama dengan Shopify & Definitive Authentic untuk melelang sepatu tersebut. Menurut Boardroom.tv, sudah ada yang memberi tawaran sebesar AS$33 ribu atau setara dengan 505 juta rupiah. Tapi harapannya, sepatu tersebut bisa laku di harga AS$50 ribu. Hasil lelang tersebut akan disumbangkan ke Yayasan Mamba & Mambacita yang sekarang dikelola oleh Vanessa Bryant. 

"Ini semua untuk mendukung Yayasan Olahraga Mamba dan Mambacita," kata Booker. 

Vanessa Bryant dan Kobe Bryant Estate sebagai pengelola yayasan, telah melakukan penggalangan dana untuk memperbaiki lapangan bola basket, serta menggelar klinik keterampilan bola basket di seluruh Amerika Serikat. Semuanya sebagai penghormatan kepada mendiang Kobe dan Gianna. Sementara Devin Booker ingin berpartisipasi dalam acara tersebut. (*)

Foto: Boardroom.tv

Komentar