IBL

Golden State Warriors dan Washington Wizards melaksanakan dua pertandingan di Tokyo dalam rangka NBA Japan Games 2022. Sebelum Stephen Curry membuat satu tripoin, atau sebelum Rui Hachimura mendapat tepuk tangan pertama dari para penggemar Jepang yang datang untuk memberinya semangat, maka pertandingan ini sudah ada pemenangnya. Bukan kedua tim tersebut, melainkan NBA yang menang. Mereka memenangkan banyak uang dari pertandingan ini. 

Kemenangan ini dilihat dari sisi bisnis. Warriors dan Wizards bertanding pada tanggal 30 September dan 2 Oktober 2022, di Saitama Super Arena, Tokyo. Semua kursi penonton sudah terjual habis. Ini jelas sangat menguntungkan bagi NBA. Tapi selain itu, mereka ternyata sukses menarik sponsor baru yang akan menopang liga musim depan. 

"Senang berada di sini (Jepang)," kata bintang Warriors, Stephen Curry, dikutip dari Associated Press. 

Foto: Rakuten.today

Curry dan kawan-kawan mendapatkan sambutan hangat dari para penggemar NBA di Jepang. Apalagi di Saitama Super Arena dengan kapasitas 22,5 ribu kursi tersebut, tiketnya sudah terjual habis. Sekadar contoh saja, untuk kursi VIP di tepi lapangan, harganya 420 ribu yen, atau setara dengan 44,3 juta rupiah. Suasana di arena benar-benar meriah. Berbeda dengan pertandingan basket Olimpiade Tokyo di arena tersebut, yang tiketnya tidak laku karena sedang dalam situasi pandemi. 

Dalam pertandingan yang dimenangkan Warriors dengan skor 96-87 tersebut, Stephen Curry dan kawan-kawan dengan bangga mengenakan jersei dengan sponsor Rakuten, merek pengecer online asal Jepang. Kesuksesan Warriors, yang menggandeng Rakuten, tampaknya menarik mintat produsen mobil, Nissan Motor Co.. 

Selama ini Nissan menjadi sponsor olahraga bisbol dan sepak bola profesional Jepang. Mereka juga punya kesepakatan kerjasama dengan Naomi Osaka, petenis asal Jepang. Namun tahun ini, kontrak dengan Osaka berakhir. Sehingga mereka mencari alternatif baru, dan basket menjadi olahraga yang menarik. 

"Orang-orang Jepang yang dibesarkan di era Michael Jordan, sangat menyukai bola basket. Kami berencana masuk ke ranah tersebut di masa depan" kata Junya Ogura, manajer senior di departemen strategi merek dan media Nissan, dikutip dari Minot Daily News

Ogura berpendapat bahwa investasi yang dilakukan oleh perusahaan Jepang untuk basket, khususnya NBA, sangat bagus. Mengingat daya tarik NBA yang kuat untuk generasi muda. Sebenarnya Nissan juga bermitra dengan Rakuten, sehingga ketika merek tersebut menjadi sponsor Warriors, Nissan setidaknya mendapatkan keuntungan sebesar AS$20 juta per tahun, sejak 2017. 

Foto: Rakuten.today

NBA juga membawa 15 mitra pemasaran untuk mendukung pertandingan pramusim di Jepang, termasuk American Express, Hennessy, NEC dan Nike. Kabarnya, hari ini, Sabtu, 1 Oktober 2022, jumlah sponsor NBA meningkat jadi 19 setelah beerapa perusahaan Jepang masuk. 

"Jelas ini semua tentang uang," kata Bob Dorfman, analis olahraga di Pinnacle Advertising yang berbasis di San Francisco. "Membangun basis penggemar di Asia, dan di tempat lain di dunia, menghasilkan lebih banyak dolar untuk NBA, meningkatkan hak siar media, dan penjualan merchandise yang lebih besar."

NBA mungkin memiliki daya tarik lebih global daripada olahraga AS lainnya, lebih mudah dipahami daripada sepak bola, misalnya, menurut Dorfman, yang pernah bekerja di Jepang. "Setiap tim NBA punya bintang top yang merupakan ikon budaya, trendsetter, dan raksasa media sosial. Selain itu, pertandingan NBA juga lebih menarik untuk disaksikan," imbuhnya.

Selain sponsor baru yang berdatangan, penjualan merchandise NBA juga meningkat. Setidaknya penggemar NBA di Jepang akan membeli sneaker atau jersei baru untuk ditandatangani oleh pemain Warriors dan Wizards. (*)

Foto: nba.com

Komentar