IBL

Posisi BBM Pontianak Warriors di Jawa-Pos Honda Pro Tournament 2017 cukup menguntungkan. Selain itu, mereka sebenarnya sudah mengunci salah satu tempat di semifinal setelah menundukkan lawan terberatnya di pertandingan pertama. BBM Warriors menang 88-76 atas GSBC CLS Knights Jakarta (19/11/2017). Kini mereka sudah mengunci satu tempat di semifinal sebagai juara grup B, setelah menang 87-50 atas Cendrawasih Papua (22/11/2017).

Tapi ada satu yang menarik dari laga BBM Warriors melawan Cendrawasih. Mereka tampak terkesan dengan tim asuhan Jeheskiel Edison Tetjuari tersebut. Bahkan di kuarter pertama, Cendrawasih sempat memberikan perlawanan.

"Saya kaget juga, sebenarnya bukan hanya saya, kami di tim ini juga kagum dengan anak-anak Cendrawasih. Mereka gigih saat bermain. Mereka punya potensi untuk jadi pemain basket yang luar biasa. Larinya cepat, defense kuat, pokoknya mereka itu punya potensi," kata guard BBM Warriors, Dimas Aryo Dewanto.

Dilihat dari catatan statistik, BBM Warriors memang unggul mutlak atas Cendrawasih. BBM menghasilkan 44 poin di area lubang kunci. Mereka juga merebut 63 rebound. Selain itu, BBM Warriors juga unggul di fast break yang menjadi senjata andalan Cendrawasih.

Kapten BBM Warriors, Jamarr Andre Johnson mencetak 21 poin di pertandingan ini. Lalu, dua pemain asingnya juga tampil bagus. Marcus Bell menghasilkan 19 poin dan 10 rebound, sedangkan Decorey Jones menambahkan 12 rebound dan sembilan poin. Di kubu Cendrawasih Papua, pemain yang mencetak digit ganda adalah John Ferdinand Putra Jaya (14 poin), Januarius Ricky Kainakaimu (10 poin) dan Samuel Fredrik Edison Thesia (10 poin dan delapan asis).

BBM Warriors memang sudah mengunci satu tempat di semifinal sebagai juara grup B. Kini mereka tinggal menunggu lawan yang akan dihadapi di babak tersebut. Apakah Stapac Jakarta atau Flying Wheel Makassar. Keduanya akan berebut posisi puncak klasemen pada Kamis malam (23/11/2017).

"Saya rasa Stapac atau Flying Wheel sama-sama berat. Flying Wheel punya pemain asing yang bagus. Sedangkan Stapac tim profesional liga. Artinya mereka setiap hari berlatih. Jadi lawan di semifinal nanti pasti berat," kata Dimas Aryo Dewanto.

Sebenarnya BBM Warriors masih harus bertarung sekali lagi di babak penyisihan grup. Mereka akan menghadapi DMS D-Mix Surabaya (24/11/2017). Hanya saja, laga ini tidak akan menentukan posisi juara grup. Namun sebaliknya, D-Mix harus berjuang untuk menang, bila mereka ingin melaju ke semifinal sebagai runner-up grup B.(*)

Foto: Dika Kawengian

Komentar