IBL

Pada 2 September 2022, Boston Celtics mengumumkan kalau Danilo Gallinari bakal absen di keseluruhan pertandingan NBA musim 2022-2023. Penyebabnya adalah cedera ACL lutut kirinya, saat bermain membela timnas Italia. Celtics hanya bisa pasrah dengan keadaan pemain yang baru dikontrak 12 Juli 2022 tersebut. 

Gallinari menandatangani kontrak dua tahun senilai AS$13,3 juta dengan Celtics. Sayangnya belum sempat bermain untuk klub tersebut, dia mengalami cedera ACL. Akhirnya beberapa pengamat mencoba mencari pemain yang cocok menggantikan Gallinari. Sampai akhirnya muncul nama Carmelo Anthony, yang sekarang berstatus "free agent".  

Carmelo Anthony dipandang sebagai pengganti potensial untuk Gallinari. Pemain veteran yang pernah menjadi NBA All-Star 10 kali tersebut, masih mampu berkontribusi selama beberapa musim terakhir. Dia mencetak 13,3 poin per pertandingan dengan 44,1 persen tembakan dari lapangan dan 37,5 persen tembakan tiga angka dari bangku cadangan bersama Lakers musim lalu. Setahun sebelumnya, Anthony mencetak 13,4 poin per pertandingan dari bangku cadangan bersama Portland Trail Blazers.

Namun tampaknya Celtics tidak tertarik dengan pemain berusia 38 tahun tersebut. Kabar tersebut disampaikan oleh Brian Robb dari MassLive. Anthony tampaknya bukan pilihan bagi Celtics untuk menggantikan Gallinari. Tapi muncul nama Sam Hauser, pemain yang diambil Celtics dari daftar undrafted tahun 2021. Pemain ini mendapatkan kontrak dua arah dari Celtics, sehingga dia bisa bermain untuk tim utama di NBA, dan Maine Celtics di NBA G League. 

Foto: Hardwood Houdini

Pemain berusia 24 tahun itu tampak menjanjikan dengan catatan statistik khususnya dalam tembakan jarak jauh. Hauser membuat 43,2 persen tripoin dalam 26 pertandingan bersama Boston Celtics di musim reguler NBA 2021-2022. Dia juga mencetak 20,2 poin per pertandingan dengan 40,7 persen tripoin dalam 13 pertandingan musim reguler NBA G League dengan Maine Celtics.

Bukti bahwa Celtics lebih memilih Hauser adalah memberikan kenaikan gaji dan kontrak yang lebih lama. Celtics mengontraknya dengan durasi tiga tahun senilai AS$6 juta pada bulan Juli 2022. Ketika kesepakatan Hauser ditandatangani, maka Celtics punya ruang gaji yang cukup untuk Gallinari dan Malcolm Brogdon. Sayangnya justru Galinari tidak bisa bermain. 

Sementara menurut laporan Adam Himmelsbach dari The Boston Globe, Celtics memang kehilangan Gallinari. Tapi mereka masih punya Sam Hauser dalam rotasi pemain. Sehingga tidak perlu merekrut pemain baru, apalagi pemain veteran yang kontribusinya masih diragukan. Celtics saat ini memiliki 12 pemain di roster. Mereka masih punya tiga slot pemain yang belum terisi. (*)

Foto: Syracuse

Komentar