IBL

Puma sebagai perusahaan perlengkapan olahraga sudah punya 19 duta dari cabang olahraga basket. Mereka tersebar di NBA dan WNBA, termasuk LaMelo Ball, Kyle Kuzma, Kendrick Nunn, sampai Katie Lou Samuelson. Namun dari semua pemain tersebut, tidak ada yang berasal dari Jerman. Padahal Puma merupakan perusahaan yang didirikan di Jerman pada tahun 1948. Akhirnya pada tahun ini, Puma merekrut pemain basket asal Jerman untuk melengkapi daftar dutanya menjadi 20 pemain. 

Duta baru yang dimasukkan dalam daftar atlet Puma adalah garda utama timnas Jerman Dennis Schroder. Pemain "free agent" NBA tersebut mengumumkan bahwa dirinya secara resmi menjadi atlet Puma lewat Instagram. Di ranah basket, Schroder menjadi pemain Jerman pertama yang dikontrak oleh Puma. 

Kemitraan antara Puma dan Schroder terasa sangat cocok. Schroder lahir dan besar di Jerman, dan bermain untuk timnas bola basket Jerman. Tentu saja, Puma juga punya kantor pusat di Jerman. Puma masuk pasar basket dan terkenal sejak memiliki Walt "Clyde" Frazier pada tahun 1970 an. Popularitas sneaker Puma Clyde saat itu tidak tertandingi oleh merek mana pun. Sampai akhirnya mereka seperti mati suri di pasar basket. 

Pada tahun 2018, Puma memberanikan diri untuk ikut bersaing di pasar basket. Mereka merekrut Kyle Kuzma sebagai duta pada tahun 2019. Lalu menyusul setelahnya ada LaMelo Ball, yang akhirnya mendapatkan sepatu khas (signature shoes) dari Puma, pada tahun 2021, yaitu Puma MB.01. 

Schroder saat ini berstatus "free agent" setelah bermain untuk Houston Rockets dan Boston Celtics selama musim NBA 2021-2022. Namun, pemain berusia 28 tahun itu kemungkinan akan menemukan tim baru saat kami semakin dekat dengan awal kamp pelatihan pada akhir September 2022. Schroder telah bermain sembilan musim di NBA. Meski bermain untuk dua tim musim lalu, Schroder rata-rata mencetak 13,5 poin dan 4,6 assist per game dalam 64 penampilan.

Sebelumnya, Schroder selalu mengenakan sepatu Nike, khususnya model dari lini khas Kobe, KD, dan Kyrie. Namun musim lalu, dia mulai mencoba sepatu basket Puma dalam pertandingan. Schroder mengenakan Puma Clyde All-Pro selama musim NBA 2021-2022. Kini dia sudah resmi menjadi duta Puma. 

Meskipun Schroder punya prestasi di NBA, tampaknya tidak mungkin dia mendapatkan sneaker khas dari Puma. Menurut Pat Benson dari Sports Illustrated, Puma saat ini ingin fokus pada pengembangan sepatu milik bintang Charlotte Hornets LaMelo Ball. Mereka tidak ingin seperti merek lain, yang terlalu banyak punya sepatu khas kepada pemain. (*)

Foto: Puma

 

Komentar