IBL

Pacific Caesar Surabaya akhirnya memetik satu kemenangan di Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017. Mereka menang mutlak atas LH Extreme Surabaya, 112-28. Kemenangan ini sama sekali tidak berpengaruh pada posisi Pacific di klasemen sementara. Sebab mereka sudah menelan dua kekalahan dari Stapac Jakarta dan Flying Wheel Makassar. Bila punya kesempatan lolos, maka Pacific harus berharap Flying Wheel kalah dua kali.

Memang tidak mungkin berharap Flying Wheel menerima kekalahan. Sebab Flying Wheel sudah mengantongi kemenangan atas dua lawan berat di grup A, yaitu Pacific dan Nusanet Mahameru Surabaya. Flying Wheel juga sudah menang atas LH Extreme. Jadi sisa dua laga Flying Wheel adalah melawan Go Skate Vin's Surabaya (22/11/2017) dan Stapac Jakarta (23/11/2017). Bila berhasil mengalahkan Go Skate, maka Flying Wheel akan berebut puncak klasemen dengan Stapac Jakarta.

Sementara itu, bila Flying Wheel hanya menerima satu kekalahan. Maka tetap saja, Pacific tidak punya kesempatan untuk lolos ke babak semifinal. Ini sudah disadari oleh kepala pelatih Pacific, Kencana Wukir.

"Saya rasa kami sudah tidak punya kesempatan untuk lolos. Karena sangat sulit berharap Flying Wheel menerima dua kekalahan. Lawan mereka yang paling berat hanya tinggal Stapac saja," katanya usai menang melawan LH Extreme.

Menyoroti permainan anak asuhnya, Coach Kiki merasa bahwa timnya tidak sesuai harapan. Di Perbasi Cup 2017, Pacific tampil lebih baik ketimbang di Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017. Menurutnya, salah satu faktornya adalah pemain asing yang tidak sesuai harapan.

"Kami terlalu bergantung pada pemain asing. Ternyata kualitasnya tidak seperti yang kami harapkan. Mungkin faktor itu yang berpengaruh pada permainan anak-anak lokal. Rasa percaya dirinya menurun, tidak seperti di Perbasi Cup lalu," imbuhnya.

Kini Coach Kiki akan memaksimalkan sisa laga untuk mempersiapkan timnya jelang IBL 2017-2018. Banyak hal yang harus diperbaiki sebelum musim reguler bergulir. Dirinya ingin pemain lokal mau berbenah. Terlebih ketika pemain asing tidak mendukung permainan tim. Jawa Pos-Honda Pro Tournament akan menjadi tempat yang cocok bagi para pemain lokal untuk mematangkan strategi mereka.

Di pertandingan melawan LH Extreme, pemain Pacific yang tampil luar biasa adalah Indra Muhammad dengan sumbangan 32 poin. Indra juga menambahkan 10 steal, enam rebound, dua asis dan dua blok. Selain Indra, ada Muhammad Hardian Wicaksono (15 poin), Okky Arista (13 poin), M. Nur Aziz Wardana (12 poin) dan Oki Indra Hidayat (11 poin).

Foto: Dika Kawengian

Komentar