IBL

Vanessa Bryant memenangkan gugatan terhadap Los Angeles County Sheriff (LACS) dan Fire Departments (LAFD). Istri mendiang Kobe Bryant itu mendapatkan kompensasi sebesar AS$16 juta (senilai Rp237 miliar).

Vanessa menggugat LACS dan LAFD terkait kebocoran foto-foto kecelakaan helikopter yang merenggut nyawa Kobe dan putrinya, Gianna pada Januari 2020 lalu di Calabasas, California. Pelakunya sendiri merupakan oknum dari LACS dan LAFD.

Selain Vanessa, juri juga memerintahkan LAFD dan LACS membayar kompensasi sebesar AS$15 juta (senilai Rp222 miliar) kepada Chris Chester. Dalam kecelakaan yang terjadi pada 26 Januari 2020 itu, Chester kehilangan istrinya, Sarah dan putrinya, Payton.

Tersebarnya foto-foto tersebut menyebabkan tekanan emosional bagi keluarga dan orang-orang terdekat Vanessa dan Chester. Putusan dikeluarkan bertepatan dengan Mamba Day 2022, untuk menghormati Kobe yang menggunakan nomor punggung 24 dan 8 di Los Angeles Lakers.

Baca juga: Mural Raksasa Disiapkan untuk Mamba Day 2022

Sembilan juri memberikan persetujuan bahwa foto-foto tersebut melanggar privasi dan menyebabkan tekanan emosional. Saat vonis tersebut dibacakan, Vanessa tak kuasa menahan tangis. Dia tidak memberikan komentar saat keluar dari persidangan pada Rabu (24/8) waktu setempat.

Persidangan tersebut berlangsung selama 11 hari. Pada Jumat (19/8) lalu, Vanessa bersaksi di pengadilan. Ia merasa hancur, terluka, dan dikhianati setelah mengetahui laporan dari Los Angeles Times pada Februari 2020 lalu bahwa responden pertama telah mengambil foto Kobe dan Gianna di lokasi kecelakaan.

“Saya hidup dalam ketakutan setiap hati di media sosial dan ini (foto-foto tersebut) bermunculan. Saya hidup dalam ketakutan saat putri saya juga berada di media sosial dan foto itu terus bermunculan,” kata Vanessa dalam kesaksiannya.

Pengacara Vanessa memang tidak memberikan jumlah tuntutan dalam kasus ini. Tetapi pengacara Chester memberikan pedoman yang disarankan sebesar puluhan juta dolar untuk setiap penggugat.

Menurut laporan dari TMZ Sports, setidaknya ada delapan deputi sheriff yang mengambil foto di lokasi kecelakaan dengan ponsel pribadi mereka. Vanessa dan Chris mengaku setidaknya ada 28 perangkat dari LACS yang membagikan foto itu kepada publik.

Selain Kobe dan Gianna, kecelakaan tersebut juga merenggut tujuh korban lainnya. Tubuh Kobe ditemukan pada hari kecelakaan. Sedangkan tubuh Gianna ditemukan sehari kemudian di sebuah jurang. (rag)

Foto: NBA, Bleacher Reports

Komentar