IBL

DBL Arena, Surabaya, kembali bergerlora, Kamis, 18 Agustus 2022. Ribuan pelajar SMA berbondong-bondong merapat untuk kembali menyemarakkan Honda DBL with KFC 2022 East Java Series - North Region yang resmi dimulai. 

Ya, setelah dua tahun "tiarap" karena pandemi, gegap-gempita Honda DBL with KFC kembali tahun ini dan langsung dimulai di kota kelahirannya, Surabaya. Kehadiran pendukung yang kembali diperbolehkan ada di lapangan jadi pembeda terbesar gelaran ini.  

Nyanyian, gerakan, hingga adu kreativitas dari para pendukung yang terakhir kali terlihat pada 2019 kembali muncul dan "menggetarkan" DBL Arena. Pemandangan ini benar-benar membuat Honda DBL with KFC kembali hidup seperti sediakala. 

Surabaya sendiri jadi kota pertama dari total 30 kota di 22 provinsi yang akan menggelar liga basket pelajar terbesar di Indonesia ini. Di kota Surabaya pula liga ini lahir pada 2004 lalu dan tumbuh sampai sekarang. 

"Tidak terasa akibat pandemi sudah dua tahun kita semua tidak melihat penonton dan suporter yang begitu heboh seperti ini. Khusus kedua tim ini, SMAN 1 Puri Mojokerto dan SMAN 9 Surabaya (dua tim yang bermain di laga upacara pembukaan), saya pribadi dan dari DBL Indonesia mengucapkan terima kasih. Sebab Castle dan Songo (julukan masing-masing sekolah) merupakan sekolah yang termasuk ikut membangun fondasi kompetisi Honda DBL wih KFC hingga kini," ujar Azrul Ananda, CEO & Founder DBL Indonesia dalam upacara pembukaan. 

"Saya ingat awal kompetisi ini di 2004. Kalau tidak ada Castle dan Songo mungkin tidak bisa heboh seperti sekarang ini," jelasnya. Azrul pun mengundang kepala SMAN 9 Surabaya dan SMAN 1 Puri Mojokerto untuk maju ke depan. 

Tak berhenti di situ, Azrul juga menyambut baik kedatangan sponsor baru yakni KFC. Di lain sisi, rekanan lama DBL dalam hal ini Astra Honda Motor dan UBS Gold juga masih bertahan di tengah gempuran pandemi lalu. 

"Tentunya, tanpa dukungan para partner liga ini tidak akan konsisten terlaksana. Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada Astra Honda Motor (AHM) yang konsisten mendukung sejak 2008. Juga KFC sebagai partner baru kami mulai musim ini. Serta UBS Gold, Ultra Milk, ViCee, Roma Malkist, Proteam, National Hospital, Harian Surya, Tribun Jatim, dan Smekdors, pungkas Azrul. 

Total ada tiga gim yang digelar di hari pembuka ini. Tim putri SMAN 15 Surabaya dan SMAN 20 Surabaya jadi dua tim pertama yang bermain. Gim dimenangkan Libels (julukan SMAN 15 Surabaya) dengan skor 21-10. 

Castle dan Songo berjalan sengit. Castle yang mendominasi di tiga kuarter pertama nyaris tersalip di kuarter empat. Untungnya, Castle berhasil bertahan dan menang 24-20. Gim terakhir mempertemukan SMAN 13 Surabaya (Galas) dengan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Smamda). Smamda konsisten dan menang dengan skor akhir 26-14. 

Untuk East Java Series, Honda DBL with KFC kali ini akan berbeda. Jika biasanya hanya punya dua region, North (Surabaya) dan South (Malang), kali ini ada tambahan dua region lain yang melengkapi arah mata angin yakni East (Jember) dan West (Madiun). 

Pada penyelenggaraan setiap provinsi, selain mempertandingkan basket 5 on 5 dan 3X3, juga dipertandingkan kompetisi dance pelajar terbesar UBS Gold Dance Competition. Memasuki tahun kesepuluh penyelenggaranya, UBS Gold Dance Competition mengusung tema #Iam24K.

Hal baru yang ikut dipertandingkan di Honda DBL with KFC tahun ini adalah eSports. Menggandeng MABAR, total 19 kota dari 16 Provinsi akan menggelar pertandingan eSports dalam tajuk DBL Play MABAR High School Tournament. 

Rangkaian gelaran Honda DBL with KFC selanjutnya akan bergerak ke South dan West Sumatera Series yang digelar di Palembang dan Padang, Jumat 19 Agustus. Semua rangkaian jadwal Honda DBL with KFC bisa dilihat di aplikasi DBL Play atau mengikuti Instagram @dblindonesiaofficial. 

Foto: Dokumentasi DBL Indonesia 

 

Komentar