IBL

Los Angeles Lakers berencana mengistirahatkan nomor jersei 16 milik Pau Gasol. Upacara menaikkan jersei Gasol akan diselenggarakan pada 7 Maret 2023, waktu Amerika Serikat. Gasol dihormati Lakers sebagai salah satu pemain legendaris tim tersebut. Dia bekerja sama dengan mendiang Kobe Bryant untuk memimpin Lakers ke tiga penampilan Final NBA berturut-turut dan meraih dua gelar juara. 

Jersei Pau Gasol akan bersanding dengan jersei legenda Lakers lainnya di Crypto.com Arena. Legenda-legenda tersebut adalah Kareem Abdul-Jabbar, Shaquille O'Neal, Wilt Chamberlain, Magic Johnson, Jerry West, Elgin Baylor, James Worthy, Gail Goodrich, Jamaal Wilkes, serta dua jersei yang dipakai Kobe Bryant. Dalam rilis resmi Lakers, tim tersebut akan menyelenggarakan upacara penghormatan pada 7 Maret 2023, saat Lakers menjamu Memphis Grizzlies, di NBA musim 2022-2023.

Foto: Sportcasting

Gasol bermain di Lakers sejak 2008 hingga 2014. Pemain asal Catalan, Spanyol tersebut punya kenangan indah bersama Lakers. Selain dua cincin juara dari tiga kali final NBA, dia juga terpilih sebagai All-Star tiga kali saat bersama Lakers. Setelah berstatus free agent pada tahun 2014, Gasol pindah ke Chicago Bulls. Kemudian dia pulang ke Spanyol setelah menyatakan pensiun tahun lalu.

Menurut data dari nba.com, ada sekitar 217 nomor jersei yang diistirahatkan oleh 30 klub peserta liga. Hal tersebut membuat pilihan nomor jersei makin sedikit. Sebab, selain dihormati oleh klub, ada juga yang diistirahatkan oleh kota tertentu, untuk menghormati atlet dari cabang olahraga lainnya, seperti sepak bola. Sementara di NBA nantinya tidak ada lagi yang boleh memakai nomor jersei 6. Karena nomor tersebut akan diistirahatkan di liga untuk menghormati mendiang Bill Russell. (*)

Foto: Sportcasting

Komentar