IBL

Flying Wheel Makassar tentu masih menyimpan rasa penasaran, karena mereka kalah dari Pacific Caesar Surabaya di final Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016. Tapi malam ini (20/11/2017) rasa penasaran itu hilang seiring kemenangan Flying Wheel atas Pacific Caesar dengan skor 93-68. Flying Wheel membayar lunas kekalahan atas Pacific Caesar tahun lalu.

"Saya rasa ini bukan soal balas dendam. Karena kami tahun ini datang dengan materi lebih baik. Kalau bersemangat saat menghadapi Pacific, itu bisa jadi. Semoga semangat ini bukan hanya saat menghadapi Pacific, tapi menghadapi tim-tim lain hingga ke final nanti," kata asisten pelatih Flying Wheel, Yunianda Nugroho Djati.

Di pertandingan ini, Flying Wheel seperti punya suntikan semangat lebih tinggi. Defense lebih ketat, dan ketika offense, mereka benar-benar maksimal. Akurasi (FG) Flying Wheel mencapai 49 persen (34/69). Selain itu karena lebih kuat di area lubang kunci, mereka bisa menambahkan 15 kali tembakan bebas (free throw). Rebound dan asis juga jadi pembeda di laga ini. Flying Wheel menghasilkan 47 rebound dan 27 asis, sedangkan Pacific mengumpulkan 40 rebound dan mengirim 15 asis saja. 

Di paruh pertama, Curtis Owen Washington menguasai area lubang kunci, sedangkan Andy "Batam" Poedjakesuma mengancam dengan drive-drive cepat. Mereka berdua mencetak masing-masing 13 poin selama paruh pertama. Flying Wheel unggul jauh, 41-19, saat jeda pertandingan. Lalu di kuarter ketiga, Pacific memaksimalkan Gege Nagata untuk menembak dari luar busur. Gege menghujamkan tiga tembakan tripoin dari tiga kali percobaan. Pacific di kuarter ketiga bisa menambahkan 24 poin. Tapi Flying Wheel juga perkasa dengan menambahkan 29 poin. Di akhir kuarter ketiga, Flying Wheel tetap memimpin 70-43. 

Flying Wheel semakin nyaman memimpin di kuarter keempat. Pemain asing Pacific, Vernon Goodridge tidak kuat lagi menahan gempuran Kevin Loiselle dan Curtis Washington. Vernon sama sekali tidak mencetak angka di kuarter terakhir ini. Sementara di sisi lain, Washington bisa menambahkan 11 poin untuk melengkapi koleksi poinnya menjadi 33 poin. Washington juga menambahkan 15 rebound di pertandingan ini. Flying Wheel pun akhirnya bisa mendapatkan kemenangan ketiganya di babak penyisihan.

Selain Washington, Vinton Nolland Surawi menghasilkan 18 poin, diikuti Andy "Batam" Poedjakesuma yang menambahkan 17 poin. Sementara itu, Kevin Loiselle mencetak triple-double dengan catatan 15 poin, 11 asis dan 10 rebound. Kevin sangat luar biasa dengan tambahan tiga blok dan dua steal.

Flying Wheel kini menduduki puncak klasemen sementara grup A dengan enam poin. Mereka akan terlibat persaingan perebutan puncak klasemen dengan Stapac Jakarta. Sebab kedua tim tersebut untuk sementara belum tersentuh kekalahan sama sekali. Stapac sudah mengoleksi dua kemenangan dari dua laga.

Foto: Dika Kawengian

Komentar