IBL

Pada film dokumenter Michael Jordan berjudul "The Last Dance" terlihat legenda Chicago Bulls ini sempat memakai jersei warna merah di Final NBA 1998. Satu jersei warna merah tersebut sudah disumbangkan ke Museum Nasional Sejarah dan Budaya Afrika-Amerika Smithsonian. Sedangkan satu jersei yang tersisa akan dilelang oleh Sotheby, pada bulan September 2022.

Jersei Michael Jordan ini bisa dibilang barang langka. Shoteby pada hari Rabu, 10 Agustus 2022, mengumumkan kalau lelang akan dimulai pada bulan September 2022. Untuk harganya ditaksir bakal laku sekitar AS$3-4 juta atau sekitar 59 miliar rupiah. 

Memang sebagian besar jersey Final NBA milik Michael Jordan kabarnya disimpan di rumah, yang terletak di North Carolina. Namun salah satu jersei warna merah nomor 23 yang dipakai untuk Final NBA 1998 satu ini akan dilepas, dan bisa dimiliki orang lain. Meski taksiran harga jualnya tidak terlalu fantastis. 

Shoteby memiliki trik khusus untuk meningkatkan penjualan jersei tersebut. Mereka akan membuat pameran kecil di Monterey, California. Shoteby memberikan kesempatan bagi penggemar untuk melihat jersei bersejarah tersebut. Setelah itu dikirim ke kantor Shoteby di New York. Dan, lelang akan dibuka pada tanggal 6 hingga 14 September 2022. 

"Memorabilia Chicago Bulls musim 1997-1998 memang salah satu yang paling populer. Apalagi berkaitan dengan Michael Jordan. Karena musim tersebut awalnya diyakini sebagai musim terakhir Michael Jordan bermain di NBA. Meski setelah sempat memutuskan pensiun, Jordan kembali bermain lagi," kata Brahm Wachter dari Shoteby.

Shoteby berharap bisa menjual jersei tersebut lebih mahal dari perkiraan mereka. Rumah lelang di New York ini sudah pernah menjual memorabilia Michael Jordan berupa sepatu seharga AS$1,5 juta atau setara dengan 22,1 miliar rupiah. Tapi dalam catatan sejarah Shoteby, jersei termahal yang pernah laku dari rumah lelang mereka adalah jersei timnas Argentina. Jersei tersebut milik legenda sepak bola Argetina, Diego Armando Maradona, yang terjual seharga AS$9,3 juta atau setara dengan 140 miliar rupiah. Jersei ini dipakai Maradona pada saat mencetak gol dengan tangan, atau yang dikenal dengan "Hand of God". (*)

Foto: Amolifia

Komentar