IBL

Setelah meminta ditukar oleh Brooklyn Nets sejak Juni lalu, masa depan Kevin Durant mulai menemukan titik terang. Menurut laporan The Athletic, titik terang ini dimulai dengan pertemuan pemain yang akrab dengan akronim KD tersebut dengan pemilik Nets, Joe Tsai, akhir pekan lalu. 

Dalam pertemuan empat mata tersebut, KD dikabarkan langsung memberikan pilihan kepada Tsai untuk menentukan masa depan Nets. KD meminta Tsai memilih untuk mempertahankan KD atau duet manajer umum dan kepala pelatih Nets, Sean Marks serta Steve Nash. 

Jika memilih KD, maka Tsai harus mengganti dua jajaran manajemen tersebut dengan orang baru. Pun sebaliknya, jika Tsai memilih Marks dan Nash, maka Tsai harus segera menghubungi tim lain untuk mencari penawaran terbaik bagi KD. 

Laporan yang sama menyebutkan bahwa penyebab utama KD memberikan ultimatum ini adalah ketidakpercayaannya kepada duet Marks dan Nash. KD tidak yakin keduanya memiliki visi yang bagus untuk membawa Nets lebih baik lagi atau bahkan mencari gelar juara. 

KD memang tidak memberikan batas waktu untuk Nets. Apalagi, ia baru melewati tahun pertama dari total perpanjangan kontrak empat tahun yang ia sepakati. KD bisa melakukan aksi serupa dengan Ben Simmons musim lalu dengan Philadelphia 76ers jika Nets tidak memilih satupun dari pilihan yang diberikan KD. 

Pun demikian, hal itu rasanya kecil sekali dilakukan KD karena ia sangat senang bermain basket. Ia ucapkan itu dalam berbagai kesempatan bahwa ia sangat senang bermain basket melawan pemain-pemain terbaik di dunia, entah dalam situasi apapun. 

Di lain sisi, The Athletic juga mengabarkan bahwa sampai sekarang ada tiga tim terdepan yang mungkin jadi pelabuhan baru KD. Mereka adalah Boston Celtics, Miami Heat, dan Toronto Raptors.  

Ketiga tim ini sendiri dikabarkan siap melepas pemain penting mereka. Celtics dikabarkan sudah menyertakan Jaylen Brown dan Derrick White dalam tawaran pembuka mereka. Heat juga rela melepas Duncan Robinson, Tyler Herro, bahkan Max Strus serta Gabe Vincent. Raptors pun tampaknya sedia melepaskan siapapun di tim mereka asal bukan Scottie Barnes. 

Sayangnya, Nets meminta lebih dari itu. Nets tak berniat melakukan rebuilding (membangun ulang skuad). Mereka berniat untuk terus bersaing dengan mendapatkan pemain yang kalibernya sama atau setidaknya mendekati level KD. 

Dari Celtics, Nets dikabarkan meminta nama Marcus Smart masuk dalam paket pertukaran. Untuk Heat, tidak ada nama yang masuk akal dalam pertukaran selain Jimmy Butler. Bam Adebayo tidak bisa masuk dalam perbincangan karena aturan NBA mengenai pemain dalam kontrak maksimal skala ruki. Nets pun hanya fokus pada Barnes untuk pemain dari Raptors.

Menarik menanti bagaimana Tsai akan bertindak dalam waktu yang sangat dekat ini. NBA musim baru akan dimulai pada Oktober dan pemusatan latihan mungkin akan digelar pada September. Tsai punya waktu kurang dari sebulan untuk segera memutuskan jalan mana yang akan ia tempuh untuk membawa Nets berjaya musim depan. KD atau duet manejemen baru? (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar