IBL

Indonesia Patriots merupakan tim yang berisi pemain-pemain dari tim nasional. Mereka dibentuk untuk berpartisipasi di kompetisi Indonesian Basketball League (IBL). Patriots mengikuti IBL sejak edisi 2020 lalu sebagai bentuk persiapan timnas menghadapi laga-laga internasional.

Pada musim berikutnya Patriots berisi pemain-pemain dari timnas elit muda. Meski begitu, batas partisipasi Patriots di IBL hanya sampai musim reguler saja.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengungkapkan bahwa Patriots akan tetap berlaga di IBL hingga tahun-tahun berikutnya. Danny juga memastikan bahwa Patriots pada IBL musim depan akan tetap ditangani oleh Milos Pejic, yang saat ini juga melatih timnas senior.

Sejak dibentuk pada 2020, Patriots ditangani oleh Rajko Toroman. Kemudian berganti menjadi Youble Sondakh pada IBL 2021. Musim ini Patriots ditangani oleh Milos Pejic.

“Pertama kami akan mencari pemain muda di sebelas kota. Mereka akan diproyeksikan sebagai pemain Patriots berikutnya. Semua dari Coach Milos supaya tetap dan tidak ada perubahan,” kata Danny saat ditemui di GBK Arena, Jakarta 21 Juli lalu.

Dalam penjelasannya timnas elit muda atau Patriots ini untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi timnas senior. Beberapa pemain yang sebelumnya tergabung dengan Patriots lalu masuk skuad timnas senior adalah Ali Bagir Alhadar, Muhamad Arighi, dan Yudha Saputera.

Kedua nama terakhir pada awal musim IBL menjadi pemain Patriots. Lalu pada musim berikutnya mereka masuk ke tim profesional. Arighi bersama Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Yudha bersama Prawira Bandung.

Pada IBL 2022 ini, Patriots mengakhiri musim dengan berada di urutan ke-10 dari 16 peserta di klasemen keseluruhan. Dari 22 pertandingan, Patriots mengemas 9 kemenangan dan 13 kekalahan.

Untuk mempersiapkan roster di IBL musim depan, Perbasi mengadakan seleksi di 11 kota. Kota-kota tersebut adalah Jakarta, Bandung, Medan, Pontianak, Makassar, Yogyakarta, Manado, Palu, Samarinda, Tangerang, dan Surabaya.

“Setelah seleksi dari Patriots, kami akan memanggil pemain-pemain yang memiliki darah Indonesia yang ada di luar negeri. Di Asutralia itu ada pemain yang jago basket, berdarah Indonesia, dan mau main di timnas. Banyak yang seperti itu tinggal pulang dan bermain dengan pola dari Coach Milos,” lanjutnya.

Sementara itu babak playoff IBL 2022 akan dimulai pada 13 Agustus mendatang. Lalu final berlangsung pada 27-30 Agustus 2022 di GOR C-Tra Arena, Bandung. Kompetisi sempat vakum empat bulan karena ada agenda-agenda timnas.

IBL musim berikutnya dijadwalkan pada periode November 2022. Yang diawali dengan IBL Rookie Combine pada 27-20 September 2022 dan IBL Draft pada 7 Oktober 2022. (rag)

Foto: Hariyanto

Komentar