IBL

Iran berhasil mengamankan laga pertama di penyisihan grup C. Mereka mengalahkan Suriah 80-76 pada Rabu, 13 Juli di Istora Senayan, Jakarta.

Tim asuhan Saeed Armaghani itu mendapatkan perlawanan ketat dari Suriah pada paruh pertama. Hingga jeda pertandingan itu terjadi enam kali pergantian kedudukan. Suriah sempat memimpin hingga pertengahan kuarter kedua.

Momentum Iran terjadi saat lay up Benham Yakhchali membawa Iran kembali unggul dengan 27-26. Setelah itu mereka tidak terkejar lagi oleh Suriah. Iran memperbesar margin pada kuarter ketiga dimana mereka sempat unggul hingga 19 poin.

“Setiap gim pertama dalam setiap turnamen itu memang sulit. Suriah cukup menyulitkan kami. Tetapi kami memiliki pertahanan yang bagus sehingga kami bisa mengontrol pertandingan dan memenangkannya,” kata pelatih iran Armaghani dalam sesi jumpa pers.

Dalam FIBA Asia Cup 2022 ini Iran menurunkan para pemain veterannya. Termasuk Hamed Haddadi. Dia sudah bermain di turnamen ini sejak 2007 dan sudah memenangkan tiga kali gelar juara. Pemain berusia 37 tahun itu juga menjadi top skor dengan raihan 746 poin.

“Saya suka bersaing dan sangat bangga menjadi bagian dari tim ini. Para pemain muda banyak membantu di paruh kedua. Kami berusaha agar bisa tampil lebih baik di gim berikutnya dan berjuang bersama-sama,” kata Haddadi.

Benham Yakhchali menjadi top skor dengan 31 poin. Dia membukukan 10 dari 16 tembakan dengan 5 dari 8 tripoin. Dari bangku cadangan Navid Rezaeifar memberikan 16 poin. Haddadi mencetak dobel-dobel 11 poin dan 20 rebound.

Sementara itu Suriah tidak diperkuat oleh Amir Hinton. Dari penjelasan pelatih Suriah Javier Juarez, Hinton tidak ikut ke Jakarta karena ketinggalan pesawat. Tetapi Juarez tidak ingin terpaku atas ketidakhadiran Hinton.

“Saya tahu ini memang cukup sulit untuk dimengerti. Saya rasa hari ini adalah tentang para pemain lokal yang telah menyelesaikan tugas dengan baik dan melawan Iran yang merupakan salah satu tim kuat,” jawab Juarez.

Hanya tiga pemain Suriah yang mencetak dua digit poin. Anthouny Bakar dan Amer Alsati masing-masing memberikan 12 poin. Lalu Hani Adribe mencetak dobel-dobel dengan 12 poin dan 10 rebound.

Berikutnya Iran akan melawan Kazakhstan pada lusa pukul 11.00 WIB. Sedangkan Suriah akan menghadapi Jepang pada pukul 17.30 WIB. (rag)

Foto: FIBA

Komentar