IBL

Hari kedua bursa pemain bebas (free agency) cukup dipenuhi kejutan. Meski secara posisi transaksi ini bisa diprediksi, namun profil pemain yang mengikuti jadi sebuah kejutan tersendiri. 

Hari kedua dibuka dengan kesepakatan baru antara Portland Trail Blazers dengan Jusuf Nurkic. Meski kedua belah pihak memang sangat harmonis, tapi pemberian perpanjangan kontrak empat musim senilai AS$70 juta bisa dibilang cukup mengejutkan. 

Pasalnya, Nurkic juga kerap bermasalah dengan cedera. Dua musim terakhir, Nurkic hanya tampil 93 gim dan membukukan rataan 13,6 poin, dan 10,2 rebound per gim. Angka ini masih jauh dari performa terbaik Nurkic yang sempat sangat produktif di musim 2019—2020. 

John Wall menjadi nama selanjutnya yang mendapatkan kesepakatan baru di hari kedua. Ia akhirnya secara resmi sepakat dengan Los Angeles Clippers dengan kontrak dua musim senilai AS$13,2 juta.  

Kesepakatan ini membuat Wall semakin mewujudkan kedalaman skuad Clippers. Wall akan bersaing dengan Reggie Jackson untuk posisi garda utama. Keduanya bisa jadi fasilitator utama untuk duet Paul George dan Kawhi Leonard. 

Gary Payton II yang namanya melambung dalam perjalanan juara Golden State Warriors juga mendapatkan getah manisnya. Gary menyepakati kontrak baru dengan Blazers senilai AS$28 juta selama tiga musim. Ini adalah kontrak terbesar Gary selama ini. 

Gary bukan satu-satunya barisan pemain pendukung Warriors yang meninggalkan tim juara. Nemanja Bjelica memutuskan kembali ke Eropa dengan bergabung ke Fenerbahce. Ia menyepakati kontrak dua musim.  

Damion Lee, saudara ipar Stephen Curry juga akhirnya meninggalkan Warriors. Lee merapat ke Phoenix Suns untuk satu musim saja. Otto Porter Jr. bergabung ke Toronto Raptors untuk dua musim sementara Juan Toscano-Anderson diambil oleh Los Angeles Lakers. 

Warriors tak kehilangan semuanya. Kevon Looney memutuskan bertahan dengan kontrak tiga musim senilai AS$25,5 juta. Secara pemain baru, Donte DiVicenzo yang dilepas oleh Sacramento Kings merapat dengan kontrak AS$9,3 juta selama dua musim. 

Chicago Bulls membuat pergerakan solid. Andre Drummond mereka rekrut untuk semakin kuat di bawah ring. Derrick Jones Jr. juga bertahan dengan Bulls. Lebih baik lagi, Derrick bertahan untuk dua musim ke depan dengan nilai kontrak AS$6,6 juta. 

Namun, lebih besar dari itu, Bulls juga berhasil mempertahankan salah satu bintang utama mereka, Zach LaVine. Zach sepakat dengan nilai kontrak baru maksimal senilai AS$215 juta selama lima tahun. Ini adalah kesepakatan besar dan paling penting Bulls di bursa pemain bebas kali ini.

Tak sekadar aktivitas perekrutan pemain, kegiatan pertukaran antartim juga sangat menarik dilihat. Kevin Huerter secara mengejutkan dilepas oleh Atlanta Hawks ke Kings. Sebagai gantinya, Kings melepas Justin Holiday dan Mo Harkless. 

Ini jadi rekrutan besar kedua Kings usai mereka mengamankan jasa Malik Monk sebagai pemain bebas. Kings berusaha melengkapi skuad mereka yang berpusat pada De'Aaron Fox dan Domantas Sabonis dengan dua penembak jitu di sayap. 

Pertukaran mengejutkan lainnya terjadi saat Malcolm Brogdon dilepas Indiana Pacers ke Boston Celtics. Menariknya lagi, Celtics hanya perlu memberikan pemain-pemain pendukung seperti Daniel Theis, Aaron Naesmith, Nik Stauskas, Malik Fitts, Juwan Morgan, plus hak pilih ronde pertama NBA Draft 2023. 

Kesepakatan ini membuat Celtics menambahkan kesolidan mereka di posisi yang memang cukup kurang musim lalu. Brogdon adalah salah satu garda yang jago bertahan, produktif, dan efektif dalam menyerang. 

Pertukaran terakhir yang membuat gempar publik adalah ketika Minnesota Timberwolves dan Utah Jazz sepakat menukar Rudy Gobert. Timberwolves mengirimkan lima pemain plus empat hak pilih pertama NBA Draft di waktu yang akan datang. 

Lima pemain yang dilepas oleh Timberwolves adalah Malik Beasley, Patrick Beverley, Jarred Vanderbilt, Leandro Bolmaro, dan pilihan ke-22 NBA Draft musim ini Walker Kessler. Tiga dari empat hak pilih yang diberikan Jazz bersifat unprotected pada 2023, 2025, dan 2027. 

Gobert membuat Timberwolves kini memiliki dua pemain dengan tinggi badan menjulang (7 kaki) dan memiliki kemampuan yang sangat berbeda. Karl-Anthony Towns solid dalam menyerang sedangkan Gobert adalah salah satu pemain bertahan terbaik di liga. Mereka melengkapi D'Angelo Russell, Anthony Edwards, dan rekrutan baru lainnya Kyle Anderson.  

Di lain sisi, Gobert adalah pemain inti kedua yang mereka lepas di bursa kali ini. Sebelumnya, Royce O'Neale yang ditukar ke Brooklyn Nets untuk dua hak pilih ronde pertama NBA Draft. Lepasnya dua pemain ini memastikan Jazz dalam mode untuk membangun ulang skuad mereka. 

Bursa pemain bebas awalnya akan dibuka tiga hari. Setelahnya, ada waktu sampai 12 hari untuk setiap tim NBA melengkapi skuad mereka untuk pemusatan latihan dan mengawali musim. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar