IBL

Turnamen tambahan di dalam kompetisi musim reguler. Saya tidak menemukan satu kalimat yang pas untuk mendefinisikan Commissioner’s Cup WNBA. Ia adalah sebuah turnamen yang berbeda, namun sebenarnya satu kesatuan dengan pertandingan-pertandingan musim reguler biasa.

Baiklah. Begini. Turnamen ini baru berlangsung selama dua musim. Musim lalu, Seattle Storm menjadi juara setelah mengalahkan Connecticut Sun di final dengan skor 79-57. Breanna Stewart menjadi MVP.

Ada 12 tim peserta WNBA. Mereka terbagi menjadi dua wilayah (conference), Barat dan Timur. Chicago Sky, Connecticut Sun, New York Liberty, Washington Mystics, Atlanta Dream, dan Indiana Fever tergabung di Wilayah Timur. Las Vegas Aces, Dallas Wings, Seattle Storm, Phoenix Mercury, Los Angeles Sparks, dan Minnesota Lynx berkumpul di Wilayah Barat. Pertandingan-pertandingan yang termasuk ke dalam kategori Commissioner’s Cup adalah pertandingan kandang pertama bagi setiap tim di dalam satu wilayah. Artinya pula, pertandingan tandang pertama bagi setiap tim di dalam wilayah yang sama. Jadi, laga-laga Commissioner’s Cup pastinya berlangsung di awal musim kompetisi. 

Maksudnya bagaimana?

Misalnya dari Wilayah Timur. Pertandingan pertama Chicago Sky di kandang Connecticut Sun termasuk di dalam Commissioner’s Cup. Begitu juga pertandingan pertama Connecticut Sun di kandang Chicago Sky adalah masuk sebagai Commissioner’s Cup. Oleh karenanya, setiap tim akan menjalani masin-masing 10 laga Commissioner’s Cup. Setelah semua tim melakoni Commissioner’s Cup, masing-masing satu tim dari setiap wilayah dengan catatan kemenangan terbaik akan bertemu di Final.

Tahun ini, Chicago Sky dan Las Vegas Aces akan beradu di final. Keduanya akan bertemu pada tanggal 26 Juli nanti.

Demikianlah tentang Commissioner’s Cup WNBA. Rasanya bagus juga untuk ditiru liga-liga basket profesional kita.(*)

Komentar