IBL

Livin by Mandiri Indonesia 3x3 Tournament 2022 kembali berlangsung. Kali ini Jawa Barat (Jabar) akan menjadi tuan rumah seri kedua dari Indonesia 3x3 Tournament 2022.

Babak penyisihan akan berlangsung pada 18 Juni mendatang di Bogor. Lalu Bandung pada 22 Juni 2022. Setelah itu babak final kota dan final provinsi akan digelar pada 25-26 Juni 2022 di GOR Saparua, Bandung.

Sebelumnya Indonesia 3x3 Tournament 2022 seri pertama telah diadakan di Jabodetabek pada periode Maret. Kompetisi tersebut mempertandingkan kategori putra dan putri untuk tingkat U-18 dan U-23.

Seluruh peserta kegiatan ini akan terdaftar di FIBA 3x3 play, dan akan memperoleh poin ranking sesuai dengan prestasi yang dicapai dalam turnamen. Dalam seri Jabar ini ada 57 peserta tim putra U-23 dan 15 peserta tim putri U-23. Untuk U-18 ada 51 peserta tim putri dan 21 peserta tim putri.

Pelatih timnas 3x3 putra Ali Budimansyah antusias menyambut turnamen ini. Dia menekankan pentingnya pembinaan berjenjang dan ekosistem kompetisi yang baik untuk meningkatan kualitas timnas. Sebab, nantinya pemain-pemain terbaik itu akan bermuara di tim nasional (timnas).

“Kompetisi sangat penting untuk pembinaan. Jangan hanya lihat atasnya saja. Jenjang menengah dan bawah ini justru penting untuk regenerasi jika pemain di atas pensiun. Dengan adanya event ini, nantinya pemain U-18 dan U-23 juga muaranya ke timnas,” kata Budi saat ditemui pada Rabu, 15 Juni di daerah Kemang, Jakarta.

Budi berharap turnamen 3x3 bisa berkembang lebih baik. Bahkan nantinya ada liga profesional tidak hanya untuk 5x5 saja. Tetapi ada kompetisi reguler untuk mengasah talenta-talenta pemain 3x3. Dengan begitu para pemain bisa memiliki pilihan untuk berkarir di kategori 3x3 atau 5x5.

“Kompetisi 3x3 memang harus diperbanyak untuk membangun ekosistem yang dibutuhkan oleh pemain. Memang butuh ekosistem yang solid agar nantinya timnas 3x3 bisa bicara di level internasional,” ujarnya.

Seri Indonesia 3x3 Tournament 2022 berikutnya juga akan digelar di Jawa Tengah/Jogjakarta dan Jawa Timur. Direktur PT SSS Azwan Karim mengatakan ke depan event ini juga bisa diadakan di lebih banyak daerah di luar Pulau Jawa.

“Harapan kami tidak hanya dari sisi turnamen profesional saja. Tetapi juga bisa berkesinambungan agar bakat-bakat baru ini terus ada. Kami senang melihat anak-anak ini punya peluang mencapai mimpinya jadi pemain timnas,” kata Azwan.

Seri Indonesia 3x3 Tournament 2022 selanjutnya akan berlangsung pada 20-21 Agustus di Jateng/Jogja dan 28-29 Oktober di Jatim. Grand final dijadwalkan pada Desember mendatang. (rag)

Komentar